Warga Desa Penggalian, Sergai Rindukan Jalan Beraspal

Kamis, November 5th 2015. | Sumut |
Anak-anak SD di Desa Penggalian harus menjinjing sepatu ketika melewati jalan mirip kubangan kerbau yang sudah puluhan tahun tidak pernah diaspal

Anak-anak SD di Desa Penggalian harus menjinjing sepatu ketika melewati jalan mirip kubangan kerbau yang sudah puluhan tahun tidak pernah diaspal

Serdang Bedagai | Tebingnews – Ratusan warga Desa Penggalian Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengeluhkan kondisi jalan sepanjang 5 kilometer yang sudah hampir 30 tahun tidak tersentuh dengan aspal, apabila musim hujan seperti kubangan kerbau dan bila musim kemarau debu-debu beterbangan.

Padahal jalan utama itu satu-satunya akses jalan menuju Desa Penggalian. Dulu pernah dibangun pengerasan jalan, tetapi hingga kini kondisinya hancur namun tidak pernah diaspal, padahal hasil pertanian warga seperti ubi, padi, coklat dan sawit harus diangkut melalui jalan tersebut.

Warga banyak mengeluh melihat kondisi jalan desa seperti itu, banyak janji yang diberikan oleh pejabat di Pemkab Sergai untuk melakukan pengaspalan, tapi sampai sekarang tak pernah terealisasi, bahkan janji-janji politik yang dilontarkan oleh calon kandidat Bupati Sergai yang berjanji apabila menang akan melakukan pengaspalan hanya isapan jempol belaka.

Salah seorang warga, Julianto Harahap (35) mengatakan sudah capek dan bosan melihat jalan dikampungnya rusak dan sudah berlangsung selama puluhan tahun tanpa ada perbaikan. Julianto berharap ada perbaikan biar warga sejahtera kehidupannya, karena sarana jalan sangat menentukan perekonomian warga yang sangat tergantung mengangkut hasil pertanian masyarakat.

“Kan bisa dilihat sendiri bagaimana kondisi jalannya. Beginilah nasib petani disini hendak menjual hasil petani harus dibeli tengkulak dengan harga murah dengan alasan biaya angkutan mahal karena jalannya rusak” ujar Julianto kepada wartawan

Menurutnya, warga disitu merasa dianak-tirikan oleh Pemkab Sergai, padahal daerah perkampungan lain di wilayah Sergai jalannya sudah diaspal homix semua. “Kami minta samakanlah seperti desa-desa lainnya, Pemkab Sergai jangan pilih-pilihlah dalam pembangunan jalan” ungkap Julianto.

Terpantau, dilapangan, anak-anak sekolah dasar harus melepas sepatunya saat melewati jalan berlumpur, mereka juga berharap jalan yang mereka lalui pergi dan pulang dari sekolah agar diperbaiki. Riadi pelajar kelas VI SD itu meminta kepada Pemkab Sergai agar jalan dikampungnya diperbaiki. “Kami kepingin jalan ini diaspal, biar pergi dan pulang sekolah bisa memakai sepatu. Kapan jalan kami diaspal ya pak ?” tanya Riadi.

Sementara Plt Kepala Desa Penggalian, Syamsul Budiman Damanik saat ditemui wartawan mengaku jalan di Desa Penggalian sepajang 5 km sudah dalam kondisi rusak parah dan berlobang, setiap tahun dalam Musrenbang selalu diusulkan tetapi sampai sekarang belum juga diperbaiki. “Kami sangat berharap jalan ini diaspal. Tapi sampai sekarang hasilnya tidak ada”, ujar Syamsul,- (Li)

Print Friendly, PDF & Email
tags: , , ,

Related For Warga Desa Penggalian, Sergai Rindukan Jalan Beraspal