Tujuh Dojang Taekwondo se Tebingtinggi Ikuti Ujian kenaikan Tingkat

Minggu, Oktober 2nd 2016. | Sport |
TI Tebingtinggi saat mengikuti UKT di GOR Asber Nasution

Atlit Taekwondo Tebingtinggi saat mengikuti UKT di GOR Asber Nasution

Tebingtinggi | Tebingnews.com – Ratusan atlit taekwondo yang berasal dari tujuh Dojang (tempat latihan) Tae kwon-do se Kota Tebingtinggi mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) atau naik Sabuk yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Asber Nasution Jalan Gunung Lauser Kota Tebingtinggi, Minggu (2/10/2016).

Ketujuh Dojang Taekwondo yang mengikuti UKT itu terdiri dari Dojang Mandiri TC, Dojang SD-SMP Terpadu, Dojang SMA Negeri 1, Dojang SMAN 2, Dojang MAN, Dojang SMPN 5 dan Dojang YAPPAN Club Tebingtinggi.

Ketua Pengkot Taekwondo Indonesia (TI) Kota Tebingtinggi Sabum Fahrudin didampingi Sekretaris Pengkot, Alasan Rajagukguk ST menyebutkan dalam Tahun 2016 ini, Ujian kenaikan tingkat tersebut merupakan yang kedua kalinya digelar Pemko TI Tebingtinggi.

“Ujian kenaikan tingkat ini dilaksanakan setiap 3 atau 4 bulan sekali dalam setahun. Dan bertujuan agar setiap individu yang akan menaikkan kemampuan mereka dari sabuk putih ke sabuk kuning. Sabuk putih merupakan sabuk tingkatan dasar dari olahraga Taekwondo, dan tingkatan sabuk yang paling akhir adalah hitam”, Jelas Fahrudin yang juga penyandang Dan 3 Kukiwon itu.

Diungkapkannya, olahraga Tae kwon-do merupakan salah satu cabang seni olahraga bela diri yang berasal dari Korea Selatan, dimana makna atau arti dari kata Tae-Kwon-DO yakni, Tae adalah Kaki, Kwondo adalah Pukulan dengan tangan atau tinju serta Do merupakan sistem, cara dan seni.

“Olahraga seni beladiri taekwondo ini sangat digemari para anak-anak hingga orang dewasa, termasuk di kota Tebingtinggi Sumater utara. Adapun tujuan dari UKT yang diselenggarakan Pengkot Taekwondo Indonesia Kota Tebingtinggi ini, guna meningkatkan kwalitas tehknik gerakan Taekwondo serta meningkatkan kader atlit” Ujarnya.

Adapun tingkatan Para taekwondoin yang mengikuti UKT antara lain dari sabuk putih menuju sabuk kuning, sabuk kuning menuju kuning strip hijau, kuning strip hijau menuju sabuk hijau, sabuk hijau menju hijau strip biru, biru menuju bru strip merah, dan biru strip merah menuju sabuk merah,- (@li)

Print Friendly, PDF & Email
tags: , , ,

Related For Tujuh Dojang Taekwondo se Tebingtinggi Ikuti Ujian kenaikan Tingkat