Ribuan Warga Penerima Bansos Ikuti Sosialisasi

Rabu, Februari 27th 2019. | Ragam |

Tebingtinggi I Tebingnews.com – Ribuan warga penerima bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Beras Madani tahun 2019 di kota Tebing Tinggi mengikuti sosialisasi yang dibuka Wali Kota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan, Selasa (26/2), di Gedung Balai Kartini Jalan Imam Bonjol Kota Tebingtinggi.

Wali Kota H Umar Zunaidi Hasibuan menjelaskan, apa yang dibuat oleh pemerintah dengan memberikan bantuan ini semata-mata adalah untuk mensejahterakan masyarakatnya. “Tetapi jangan kita terlena, kita juga harus bekerja, karena jika kita tidak berusaha maka kehidupan kita hanya begitu-begitu saja,” bilangnya.

Umar Zunaidi mengingatkan agar bantuan ini jangan menjadi ajang bagi-bagi rejeki, tetapi bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat kurang mampu agar cukup. Adapun persyaratan untuk menerima bantuan social adalah orang fakir miskin, jompo, anak sekolah dan ibu hamil.

“Kita berharap penerima manfaat (bansos) ini apabila kita sudah mampu maka secara sadar harus dikembalikan dan memberikan kepada orang-orang yang tidak mampu bagi keluarga penerima manfaat,” imbuhnya.

Terkait BPNT, bantuan sebesar Rp 110.000 berupa uang yang disalurkan melalui e-money dan dibelanjakan melalui E Warong yang ada di wilayah Kota Tebingtinggi. “Apabila nanti bantuan untuk beras Madani dari Bulog kondisinya rusak, masyarakat disilahkan melaporkan kepada pihak Camat, Lurah dan Dinas Sosial,” terangnya.

Umar juga menambahkan, bahwa untuk bantuan beras Madani, Pemko Tebingtinggi sesuai keterbatasan APBD, hanya bisa memberikan bantuan untuk empat bulan dimulai bulan Maret, April, Mei dan Juni.

Pada kesempatan itu, Wali Kota juga mengajak ribuan masyarakat untuk memberikan suaranya pada Pemilihan Umum tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 17 April 2019 mendatang, Pada Pemilihan Umum ini akan ada lima kertas suara yang dicoblos yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota.

“Karena banyaknya uang yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam menyelenggarakan pemilihan umum, maka kita harus berduyun duyun datang ke TPS sesuai target dari KPU Pusat dan daerah sebanyak 77 persen,” terang Umar Zunaidi.

Sebelumnya Kadis Sosial Tebingtinggi M Syah Irwan mengatakan, kegiatan sosialisasi ini memberikan informasi kepada stake holder dan semua lintas instansi bahwa adanya penerima PKH, BPNT dan beras madani di wilayah Kota Tebingtinggi.

“Batuan sosial PKH dan BPNT diberikan oleh Kementrian Sosial adalah 8. 629 KPM untuk Kota Tebingtinggi serta beras Madani dari Pemko Tebingtinggi 10 kg selama empat bulan kepada 4.521 rumah tangga, akan ada verifikasi data BDT tahun 2015 untuk penyempurnaan data penerima Rastra oleh Dinsos Tebingtinggi pada bulan Maret 2019 mendatang,” bilangnya.

Pada kesempatan itu, anggota Komisioner KPU Tebingtinggi H Emil Sofyan menyatakan bahwa pihak KPU memberikan apresiasi kepada Pemko Tebingtinggi yang memberikan pendidikan politik kepada seluruh masyarakat tentang tata cara mencoblos pada tahapan pemilihan umum serentak tanggal 17 April 2019 mendatang.

“Sebentar lagi akan ada pemilihan umum yang sangat besar yaitu untuk memilih calon anggota legislatif mulai dari DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota serta Pemilihan Umum serentak untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, kita berharap masyarakat menyalurkan hak pilihnya ke TPS-TPS yang telah disediakan,” jelas Emil Sofyan,-(rika)

Print Friendly, PDF & Email

Related For Ribuan Warga Penerima Bansos Ikuti Sosialisasi