Pemko Tebing Tinggi Berkomitmen Kurangi Sampah Plastik

Jumat, Maret 22nd 2019. | Ragam |

Tebingtinggi I Tebingnews – Hingga saat ini, Pemerintah Kota Tebing Tinggi terus berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik terutama dalam pengggunaan kantong-kantong plastik yakni melalui cara mengganti dengan tas-tas anyaman pandan, dan upaya itu terus dilakukan lewat sosialisasi kepada para pedagang dan pembeli di pasar-pasar.

Hal ini disampaikan Wali Kota Tebing Tinggi diwakili Asisten Ekbang Muhamad Dimiyathi pada pembukaan Sosialisasi Adipura 2019, Kamis (21/3/2019), yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup di gedung Hj Sawiyah Jalan Sutomo kota setempat.

“Hal ini akan bisa teraktualisasi dengan baik jika segenap masyarakat bersama-sama melakukannya, dan tidak hanya Pemerintah Kota nya saja, terutama emak-emak sebagai ibu rumah tangga, kita kembali ke natural untuk kebaikan bersama,” ujar Dimiyati.

Menurut Wali Kota, Piala Adipura yang diperoleh Tebing Tinggi sebanyak empat kali berturut-turut merupakan prestasi bersama dan menjadi motivasi untuk dikembangkan dan dipertahankan menuju kota Tebing Tinggi yang lebih baik.

Disampaikan juga bahwa kegiatan ini guna menyamakan persepsi dan sinergisitas semua pemangku kepentingan, mulai dari semua OPD, Camat dan Lurah untuk memenuhi target nasional pengurangan sampah 30 % dan penanganan sampah 70 %.

Program Adipura dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan perbaikan seperti halnya 2018 Pemerintah Daerah harus melakukan penutupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang menggunakan sistem pembuangan terbuka (open dumping) beralih mengoperasikan TPA dengan sistem lahan urug saniter (sanitary landfill).

“Untuk itu, sudah menjadi target pemerintah untuk pengurangan sampah tahun 2025, seluruh sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga dapat dikelola 100 %, sehingga tidak ada lagi sampah yang dibiarkan begitu saja,” ujarnya.

Dalam sosialisasi yang diikuti 250 anggota masyarakat dari 35 kelurahan se Tebing Tinggi dan para pimpinan OPD, Camat dan Lurah tersebut diisi dengan pencerahan oleh narasumber Irwansyah, selaku verifikator Adipura dari Jakarta yang juga motivator persampahan nasional,-(rika)

Print Friendly, PDF & Email

Related For Pemko Tebing Tinggi Berkomitmen Kurangi Sampah Plastik