Walikota Tebing Tinggi Buka Rakor Program Kesehatan Jiwa

Selasa, Desember 18th 2018. | Kesehatan |

Tebingtinggi I Tebingnews.com – Walikota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan diwakili Kadis Kesehatan dr H Nanang Fitra Aulia Sp.PK membuka rapat kordinasi (rakor) program kesehatan jiwa, Selasa (18/12), di Multi Aula Hotel Amanda Jalan Sutomo kota Tebing Tinggi.

Walikota mengatakan, kesehatan jiwa masyarakat (community mental healt) meruapakan suatu orientasi kesehatan jiwa yang mencakup semua kegiatan yang dilaksanakan di masyarakat. Titik berat pelaksanaannya adalah pada upaya promotif dan preventif tanpa melupakan upaya kuratif dan rehablitatif.

“Prilaku sehat jiwa dalam masyarakat memerlukan upaya promotif dan preventif pada setiap strata masyarakat utamanya balita, anak, remaja, wanita, orang tua usia lanjut, dan masyarakat yang rentan dengan masalah kejiwaan,” katanya.

Dikatakan bahwa kesehatan jiwa masyarakat akan berhasil dengan meningkatkan kerja sama lintas sektor, termasuk peran serta masyarakat, kemitraan swasta, LSM, kelompok profesi dan ormas secara terpadu dan berkesinambungan.

“Diharapkan agar berbagai pelayanan lain turut serta dalam sistem pelayanan kesehatan jiwa dan dititik beratkan pada kerja sama pada sektor-sektor pendidikan, kesejahteraan sosial, keagamaan, keluarga berencana, tenaga kerja dan lain-lain. Kerjasama dan sama sama bekerja diharapkan akan dapat menyelesaikan masalah kesehatan jiwa di Kota Tebing Tinggi,” harapnya.

Dalam kegiatan rakor yang diikuti sejumlah pimpinan OPD, camat dan lurah serta pegawai Puskesmas dan berlangsung sehari penuh tersebut, menghadirkan narasumber J Winrina Purba S.Kep Ners dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara,-(rika)

Print Friendly, PDF & Email

Related For Walikota Tebing Tinggi Buka Rakor Program Kesehatan Jiwa