Wako Tebingtinggi Berharap Masyarakat Paham Hidup Bersih dan Sehat

Jumat, April 27th 2018. | Kesehatan |

Tebingtinggi I Tebingnews.com – Masyarakat Tebingtinggi secara keseluruhan kedepannya harus memahami tentang hidup bersih dan sehat, yang salah satunya adalah melalui program sanitasi dan perbaikan septictank yang konfensional menjadi septictank kedap yang sedang diprogramkan pemerintah.

Untuk itu, diharapkan Puskesmas dan Posyandu sebagai ujung tombak Pemerintah Kota yang senantiasa berhubungan langsung dengan masyarakat, dapat memberikan edukasi kepada warga terutama yang bermukim di zona merah atau perkampungan kumuh.

Hal ini disampaikan Walikota Tebingtinggi diwakili Asisten Umum H Kamlan Mursyid, didampingi Kadis Kesehatan dr H Nanang Fitra Aulia Sp.PK dan perwakilan USAID IUWASH Plus pada pembuatan Septitank Kedap Mandiri di rumah H P Dasopang, salah seorang warga di Kelurahan Mekar Sentosa Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi, Kamis (26/4).

Disampaikan Asisten Umum, Pemerintah Kota Tebingtinggi sangat mengapresiasi warga kelurahan Mekar Sentosa yang begitu antusias melaksanakan program septitank kedap ini dengan biaya sendiri, dan bahkan sudah ada kelompok warga yang dengan menabung Rp 2000/hari untuk membangun septitank kedap secara mandiri.

“Meskipun kami tahu Kelurahan Mekar Sentosa ini bukanlah masuk dalam zona merah atau perkampungan kumuh, namun keasadaran yang tinggi terus berupaya menjadikan kelurahan Mekar Sentosa menjadi sebuah kelurahan yang bersih dan sehat warganya,” ujarnya.

Dikatakan H Kamlan, kondisi di Kelurahan Mekar Sentosa ini diharapkan akan menular pula di kelurahan-kelurahan yang ada di Tebingtinggi dan selanjutnya akan menjadikan Kota Tebingtinggi sebagai Kota Sehat seperti harapan kita semua, “Hal-hal yang baik itu harus dikembangkan,” imbuhnya.

Sementara itu, M Yazid perwakilan dari IUWASH Plus sebagai pendampingan program tersebut menyatakan, Tebingtinggi luar biasa dalam mensukseskan program ini, “Kami di Sumatera Utara melakukan pendampingan di 5 kota dan Tebingtinggi yang luar biasa masyarakatnya dalam mengikuti program ini,” katanya.

Kemauan masyarakat Tebingtinggi untuk melakukan perubahan menuju hidup bersih dan sehat sangatlah tinggi dan ini ditandai dengan secara suka rela untuk perubahan tersebut tidak hanya berharap dari dana yang digulirkan pemerintah dengan dana pribadi pun telah siap, bahkan bersedia menabungnya.

“Kami IUWASH Plus tentunya sangat memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Tebingtinggi yang demikian aktif memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang hidup bersih dan sehat tersebut, demikian pula halnya Lurah dan Camat, kami berharap hal ini terus berlanjut dan berkembang di Tebingtinggi,” katanya,-(rika)

Print Friendly, PDF & Email
tags:

Related For Wako Tebingtinggi Berharap Masyarakat Paham Hidup Bersih dan Sehat