Kota Tebingtinggi Terima Penghargaan Kota Sehat Swastisaba Tahun 2017

Selasa, November 28th 2017. | Kesehatan |

Tebingtinggi I Tebingnews.com – Walikota Tebingtinggi, Ir H Umar Zunaidi Hasibuan menerima penghargaan Kota Sehat Swastisaba Tahun 2017, Selasa (28/11). Penghargaan ini di serahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek bersama Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jakarta Pusat.

Walikota Tebingtinggi melalui Kabag Humas, Drs Bambang Sudaryono mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat terhadap pelaksanaan program Kabupaten/Kota Sehat (KKS) karena masyarakat telah berperan secara aktif baik sebagai subyek maupun obyek pembangunan kesehatan, serta berkiprah sebagai agen perubahan.

Poin terpenting dari KKS yaitu koordinasi lintas sektor pemerintahan, pemangku kepentingan, dan masyarakat yang dilakukan secara berkesinambungan dalam pembangunan berwawasan kesehatan dan lingkungan.

Walikota berharap agar kedepan penguatan koordinasi dapat terus ditingkatkan dan disertai dengan pemberdayaan masyarakatnya. Karena, kesehatan adalah investasi di masa yang akan datang. Maka menjadi kewajiban kita bersama untuk menjadikannya lebih berkualitas, sehingga akan menjadi modal pembangunan, ujar Kabag Humas.

Penghargaan yang diberikan setiap dua tahun sekali ini sebelumnya telah diperoleh Kota Tebingtinggi pada tahun 2015, yakni mendapatkan penghargaan Kota Sehat Swastisaba tingkat pertama yaitu Pedapa namun kali ini meningkat menjadi Wiwerda. Selain Tebingtinggi, terdapat 121 kabupaten/kota dan 3 provinsi yang menerima penghargaan Swastisaba yang terdiri dari 3 tingkatan yaitu Pedapa, Wiwerda dan Wistara.

Kabag Humas menjelaskan, Kota Tebingtinggi pada saat ini telah melaksanakan 5 Tatanan yakni, Tatanan permukiman dan sarana dan prasarana sehat terdiri dari, Taman Kota, Sekolah Adiwiyata (SMP-7 dan SMP-1), Pengolahan Makanan Roti Kacang Hj. Eliya Lubis, Pengelolaan Kantin Bintang (SDN No. 163081 dan SD. Swasta Qurrata’ayun), Ipal Sanimas yang dikelola masyarakat (Ipal Mekar Sentosa dan Ipal Satria), Bank Sampah dan Rumah kompos.

Tatanan Sarana Lalu Lintas dan Pelayanan Transportasi yaitu Zona aman anak sekolah (SDN No. 163081 dan SD. Swasta Ir. H. Djuanda). Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi yaitu Urban Farming. Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri yaitu puskesmas Rantau Laban (lansia dan posyandu). Dan Tatanan Kehidupan masyarakat sosial yang mandiri termasuk penyaluran raskin,-(rika)

Print Friendly, PDF & Email
tags: , ,

Related For Kota Tebingtinggi Terima Penghargaan Kota Sehat Swastisaba Tahun 2017