Evaluasi dan Validasi Kader Jumantik se Tebingtinggi

Jumat, Juli 6th 2018. | Kesehatan |

Tebingtinggi I Tebingnews.com – Walikota Tebingtinggi diwakili Asisten Umum H Kamlan Musryid membuka resmi Evaluasi dan Validasi Data Kader Jumantik se Kota Tebingtinggi tahun 2018, Kamis (5/7), di gedung Hj Sawiyah Jalan Sutomo kota setempat. Disampaikan bahwa kesehatan merupakan satu kebutuhan setiap manusia dan menjadi tanggung jawab bersama.

“Tebingtinggi dalam kasus demam berdarah (DBD) masuk dalam daerah endemis berkembangnya DBD karena masih banyak ditemukan kasus ini. Pada tahun 2018 sampai dengan bulan Mei sudah terjadi 51 kasus dan ini harus menjadi perhatian kita bersama,” ujarnya.

Dihadapan 360 kader jumantik dari 180 lingkungan se kota Tebingtinggi, Walikota menyampaikan bahwa tugas yang dilakukan para kader jumantik adalah tugas mulia, karena tugas Jumantik adalah untuk menjaga kesehatan manusia, dengan tubuh yang sehat manusia bisa melakukan berbagai aktifitas, bekerja dan beribadah.

“Mari terus kita tingkatkan kinerja masing-masing kader jumantik bersama dengan petugas kesehatan di Puskesmas maupun Dinas Kesehatan, jadikan ini ladang amal ibadah,” imbuh walikota.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Kota Tebingtinggi dr H Nanang Fitra Aulia Sp.PK menyampaikan ucapan terima kasih kepada para kader Jumantik dan jajaran kesehatan atas kerjasama yang terjalin dengan baik selama ini. “Kedepan diharapkan lebih meningkat lagi dengan harapan cita-cita menjadikan Tebingtinggi sebagai Kota Sehat bisa diwujudkan, dan jajaran kesehatan siap memberikan dukungan sepenuhnya,” ujar dr Nanang.

Kabid Kesmas Dinkes Sudarman menyampaikan hasil evaluasi selama ini, di beberapa kelurahan masih ada terjadi peningkatan, namun mayoritas di kelurahan terdapat penurunan (kasus DBD). Dan diharapkan kader jumantik agar lebih aktif lagi melaksanakan tugasnya terutama di lapangan dan senantiasa melaporkan setiap kejadian.

Kegiatan yang juga dihadiri Direktur RSKP Tebingtinggi dr Jonhly B Dachban itu diberikan pula penyuluhan tentang pentingnya kerjasama untuk meningkatkan kesehatan masyarakat oleh Susilawati dari IUWASH Plus. Dan kepada kader jumatik dari Kelurahan Pasar Gambir Kecamatan Tebingtinggi Kota yang merupakan daerah ‘Zero Kasus DBD’ diberikan reward oleh Walikota Tebingtinggi,-(rika)

Print Friendly, PDF & Email

Related For Evaluasi dan Validasi Kader Jumantik se Tebingtinggi