Pemko Tebingtinggi dan BPJS Kesehatan Sepakati Pajak Rokok Sebagai Kontribusi Daerah

Kamis, November 29th 2018. | Kesehatan |

Tebingtinggi I Tebingnews.com – Walikota H Umar Zunaidi Hasibuan atas nama Pemerintah Kota Tebing Tinggi dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam Rita Masyita Ridwan menandatangani berita acara kesepakatan pajak rokok sebagai kontribusi daerah untuk mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional, Rabu (28/11) di Rumah Dinas Walikota Jalan Sutomo kota setempat.

Kesepakatan bersama itu dilakukan sebagai bentuk upaya Pemerintah Kota Tebing Tinggi dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) demi tercapainya Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2019.

Walikota H Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan bahwa dana pajak rokok yang sudah dianggarkan untuk dapat dioptimalkan. Umar berharap pelayanan JKN tidak hanya melakukan tindakan kuratif, akan tetapi agar lebih mengedepankan pada program promotif dan preventif sebagai langkah awal pelayanan kepada peserta.

“Masyarakat harus diberikan edukasi bahwa kesehatan bukan hanya tanggung jawab dari pemerintah tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama, karena saya khawatir jangan sampai program ini nantinya berdampak negatif menjadikan masyarakat menjadi tidak mandiri karena kesehatannya telah ditanggung oleh pemerintah,” ujar walikota.

Umar Zunaidi juga berharap, seharusnya jaminan kesehatan yang telah diberikan oleh pemerintah ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan dan menjadikan masyarakat menjadi lebih produktif.

“Pemerintah Kota Tebing Tinggi akan terus berkomitmen dalam mendukung tercapainya Universal Health Coverage di Kota Tebing Tinggi dan menghimbau kepada semua pihak yang terlibat agar menghindari penyalahgunaan dana dalam menyelenggarakan program JKN ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam Rita Masyita Ridwan menyampaikan, sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah dalam menanggulangi defisit program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan dan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 128/PMK.07/2018 tentang tata cara pemotongan Pajak Rokok sebagai Kontribusi Dukungan Program Jaminan Kesehatan.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Walikota dan jajarannya atas dukungan dan komitmen dari pemerintah Kota Tebing Tinggi selama ini yang selalu mendukung program pemerintah untuk mewujudkan cakupan semesta pada tahun 2019, dan kami berharap agar sinergi yang telah terbangun selama ini dapat semakin ditingkatkan untuk mewujudkan Indonesia Sehat,” harap Rita,-(rika)

Print Friendly, PDF & Email

Related For Pemko Tebingtinggi dan BPJS Kesehatan Sepakati Pajak Rokok Sebagai Kontribusi Daerah