Plh Sekdako Tebingtinggi Terima Tim Visitasi Kemenkes

Kamis, Oktober 5th 2017. | Kesehatan |

Tebingtinggi I Tebingnews.com – Terkait pelaksanaan Peraturan Presiden (Perpres) No.4 tahun 2017 tentang Wajib Kerja Dokter Spesialis, Tim Visitasi Kementerian Kesehatan RI melakukan kunjungan ke RSUD Dr H.Kumpulan Pane Tebingtinggi, Kamis (5/10), diterima Plh Sekda H Marapusuk Siregar bersama Direktur RSUD Kumpulan Pane dr H Nanang Fitra Aulia Sp.PK di Aula RSUD Kumpulan Pane.

Menurut Tim Visitasi Kemenkes RI yang terdiri dari Merly Indira ST dan dr Fitri Andayani didampingi tim dari Dinkes Sumatera Utara dr Darian Gatot Sp.PD K.HOM dan dr Yusril Sp.B, kunjungan visitasi terhadap RSUD Kabupaten/Kota yang sudah memenuhi ketentuan untuk ditempatkan dokter spesialis. “Kunjungan visitasi ini untuk melakukan penempatan bagi dokter-dokter spesialis agar tidak terjadi salah penempatan pada rumah sakit umum di daerah,” jelas Merly Indira.

Plh Sekdako H Marapusuk Siregar menyampaikan, Pemerintah Kota Tebingtinggi pada prinsipnya sangat menyambut positif dan senang sekali RSUD dr Kumpulan Pane menjadi salah satu rumah sakit yang akan diberikan bantuan tenaga dokter spesialis oleh pemerintah. “Rumah Sakit ini merupakan salah satu kebanggan milik Pemko Tebingtinggi, karena hampir semua fasilitas kesehatan yang diperlukan untuk RS sudah terpenuhi, dan yang menjadi kendala selama ini adalah tenaga-tenaga dokter spesialisnya dibeberapa bidang sungguh diperlukan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Plh Sekdako bermohon kepada tim Kemenkes RI yang sudah melihat secara langsung kondisi dan kelengkapan di rumah sakit tersebut, jika bisa dokter yang ditempatkan bukanlah hanya sekedar dua orang saja, lebih juga tidak apa-apa, dan sifatnya bukan sementara tetapi seterusnya.

Sedangkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tebingtinggi H Erwin Suheri Damanik menyampaikan, untuk keperluan mendukung tenaga dokter spesialis ini Pemerintah Kota Tebingtinggi juga dalam tahun 2017 sudah menyampaikan permohonan kepada Kementrian PAN sesuai kebutuhan tenaga dokter spesialis di RSUD Kumpulan Pane.

Kepada tim visitasi Kemenkes, Erwin berharap bisa membantu Pemko Tebingtinggi untuk merealisasikan permohonan tersebut. “Apabila tim visitasi memerlukan konsultasi yang lebih akurat dengan data-data kepegawaian, kami siap untuk melakukannya di Kemenkes RI, dan permohonan yang kami sampaikan ke Mentri PAN-RB, akan pula kami sampaikan ke Kemenkes RI sesuai dengan tahap-tahapannya,” ujar Erwin.

Sementara Direktur RSUD dr Kumpulan Pane, dr H Nanang Fitra Aulia Sp.PK memaparkan tentang kondisi RSUD dengan segala fasilitas yang dimiliki dan tenaga medis khsususnya tenaga dokter spesialis yang sangat dirasakan kurang di beberapa bidang. “Dalam bulan Oktober ini, RSUD Kumpulan Pane akan menambah alat CTScan, “Insya Allah dalam bulan ini sudah bisa dipasang, ruangan sudah kami siapkan, tinggal memasang alatnya saja,” jelas dr Nanang.

Usai memberikan paparan terkait apa saja yang harus dipenuhi sebuah rumah sakit untuk mengajukan permohonan tenaga dokter spesialis, tim langsung melakukan peninjau ke ruang kamar operasi dan radiologi yang ada di RSUD Kumpulan Pane.

Dalam peninjau tersebut, dr Yusril Sp.B secara spontan menyatakan sudah memang selayaknya RSUD Kumpulan Pane memperoleh tenaga tambahan dokter spesialis, selain ruangannya cukup baik, juga alat-alat kesehatannya sudah berstandar nasional. “Kami berharap Kemenkes RI memberikan dukungannya, kami dari Dinas Kesehatan Provinsi akan siap pula memberikan dukungan, sudah hebat ini RSUD yang dikelola Pemerintah Daerah bisa sebagus ini,” ujar dr Yusril,-(rika)

Print Friendly, PDF & Email

Related For Plh Sekdako Tebingtinggi Terima Tim Visitasi Kemenkes