Gebrakan Pj Walikota, H Zulkarnain Memimpin Kota Tebingtinggi

Minggu, Januari 29th 2017. | Ragam |

Catatan : J. Saragih
Wartawan Tebingnews.com

Pj Walikota H.Zulkarnain menerima Kunjungan Kerja anggota DPD RI Dedi Iskandar Batubara diruang Kerja Walikota Jalan Sutomo Kota Tebingtinggi

Pasca berakhirnya Masa Jabatan Umar Zunaidi hasibuan dan Oki Doni Siregar sebagai Walikota dan Walil Walikota Tebingtinggi pada 5 Agustus 2016 lalu, terjadi kekosongan Kepemimpinan di Pemerintahan Kota Tebingtinggi, untuk menjalankan roda pemerintahan, tampuk kepemimpinan hanya dipegang oleh Sekretaris daerah (sekda) H.Johan Samose Harahap yang merangkap sebagai pelaksana Tugas Harian (Plh).

Untuk menjalankan berbagai program dan kebijakan, tentu, Johan samose tidak bisa berbuat banyak dengan Posisi sebagai Plh, sementara siapa yang dihunjuk oleh Mendari sebagai pejabat (Pj) Walikota Tebingtinggi menunggu sampai terpilihnya Walikoda dan Wakil Walikota Defenitif belum juga ada hingga beberapa bulan lamanya,bahkan sejumlah kalangan sempat pesimis, kalau roda pembangunan di Kota Tebingtinggi akan terkendala dengan belum diangkatnya Pj Walikota Tebingtinggi.

Namun kurang lebih tiga bulan pasca ditinggal Umar Zunaidi hasibuan dan Oki Doni Siregar, baru kemudian Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi melantik H.Zulkarnain yang merupakan Asisten kesejahteraan Sosial Pemerintah propinsi Sumatera Utara itu untuk menjabat Pj Walikota Tebingtinggi, tepatnya pada 30 Oktober 2016 lalu.

Meski hanya menjabat beberapa bulan kedepan, namun ada banyak tugas tugas berat dan “Kejar tayang” yang yang harus diemban dan dituntaskan H. Zulkarnain dalam menjalankan Roda pemerintahan di Pemko Tebingtinggi, disamping program program lainya.

Tugas tugas “kejar Tayang” terssebut antara lain, Pengesahan laporan pertanggung jawaban Walikota sebelumnya, Pengesahan Perubahan APBD Tahun Anggaran (TA) 2016, Pengesahan Struktur Organisasi Tata kelola (SOTK), Pengesahan APBD TA 2017 dan mensukseskan Pemilihan Kepada daerah (Pilkada) pada 15 Pebruari 2017 mendatang serta kelanjutan pembangunan dan program lainya.

Bahkan tidak sedikit Kalangan merasa Ragu akan keberhasilan Pj Walikota melaksanakan tugas tugas berat tersebut, apalagi mengingat di akhir masa jabatan Umar Zunaidi hasibuan dan Oki Doni Siregar, Hubungan Eksekutif dengan Pihak legislative sedikit kurang harmonois, hal ini ditandai tidak dibahasnya Laporan pertanggung jawaban mereka oleh DPRD hingga berakhirnya masa jabatan mereka, ketidak harmonisan itu juga diperlihatkan dengan tidak adanya paripurna oleh DPRD tentang pemberhentian Umar dan Oki sebagai Walikota dan wakil Walikota.

Pj Walikota H Zulkarnain Menghadiri Sidang paripurna DPRD yang pembahasan Ranperda APBD TA 2017 Kota Tebingtinggi

Namun begitu melaksanakan tugasnya sebagai pejabat Walikota Tebingtinggi H. Zulkarnain yang juga telah penuh pengalaman di Birokrasi ini, langsung membuat langkah langkah untuk memuluskan pekerjaan Birokrasi yang selama beberapa bulan tehambat, dimana sehari usai dilantik, Zulkarnain langsung menggelar rapat Kordinasi (Rakor) dengan para pimpinan SKPD sejajaran Pemko Tebingtinggi dirumah dinas Walikota, usai mendengar laporan dan kendala kendala di pemko tebingtinggi, Zulkarnain kemudian melanjutkan pertemuan silaturahmi dan perkenalan serta makan siang bersama dengan Pimpinnan dan anggota DPRD tebingtinggi yang dihadiri Ketua DPRD M.Yuridho Chap dan anggota DPRD lainya.

Usai Menggelar rakor dan Silaturahmi serta makan siang itu, kepada wartawan H Zulkarnain mengungkapkan secepatnya akan membahas Persoalan Anggaran Pembangunan dan belanja daerah (APBD) Kota Tebingtinggi Tahun serta yang lainya bersama dengan Pihak DPRD Kota itu.

“Khusus menyangkut APBD, tetap harus ada kebersamaan antara pemerintah kota dan DPRD, secepatnya kita akan lakukan diskusi lagi dengan DPRD dalam hal pembahasan APBD 2017 dan P.APBD 2016 dengan tetap mengacu pada peraturan yang ada” tegasnya saat itu.

Disebutkannya, Pemko Tebingtinggi akan melakukan percepatan-percepatan dan peningkatan (hubungan) dengan pihak DPRD, karena pemerintahan kota bersama DPRD merupakan satu bagian yang tidak bisa dipisahkan. “Ekskutif dan legislatif itu tidak terpisahkan, jadi kami akan melakukannya (pembahasan APBD) secepatnya dengan DPRD Kota Tebingtinggi”, Kata dia.

Terkait soal pembahasan P.APBD TA 2016, menurutnya hal itu juga tergantung pada DPRD setempat. “Kita sudah persiapkan, sepanjang itu bisa dilaksanakan, kita akan membahasnya bersama, namun begitu kita juga harus melihat bahwa ada yang harus diburu (dikejar), mudah-mudahan DPRD bisa memaklumi itu, dan kita harus optimis P.APBD 2016 akan terlaksana, karena jika terjadi keterlambatan akan ada konsekwensinya, kita akan terkena finalti dari pusat” ungkapnya.

Tidak hanya dengan DPRD, Pj walikota juga menjalin komunikasi silaturahmi dengan untuk Forum Kordinasi Pimpinan daerah (FKPD, Tokoh masyarakat, agama dan bebagai kalangan dan tidak hanya itu, Kehadiran H.Zulkarnain sebagai Pj Walikota Tebingtinggi mendapat respom positif di jajaran SKPD Pemko tebingtigngi dimana berbagai program dan kegiatan pemerintah Kota juga langsung berjalan.

Tidak lama Menjalankan tugasnya memimpin Kota tebingtinggi, sejumlah tugas tugas yang Memerlukan “Kejar Tayang” berhasil dituntaskan Pemerintah Kota Tebingtinggi, sebut saja, masalah Pembahasan dan Pengseahan Laporan Pertanggungjawaban pelaksanaan Walikota sebelumnya (LPP).

Tidak hanya itu, Pemko Tebingtinggi bersama DPRD juga langsung membahas dan mengesahkan Perubahan Aanggaran Pendapatan Belanja daerah (P.APBD) TA 2016 yang sempat terkendala. Dengan suksesnya pembahasan dan pengsesahaan P.APBD tersebut, otomatis kinerja di SKPD menjadi ektra sibuk sesuai dengan target, sejumlah SKPD menggelar berbagai kegiatan yang sebelumnya sempat terkendala pelaksanaanya,

Selanjutnya, Pemko Tebingtinggi dibawah kepemimpinan H Zulkarnain bersama dengan DPRD juga membahas SOTK sesuai dengan amanat PP nomor 18 tahun 2016 disaat bersamaan Pemko Tebingtinggi juga melakukan pembahasan Draf R.APBD Tahun Anggaran 2017 yang harus tuntas Januari 2017.

Salah satu Tugas berat dan memerlukan “kejar Tayang” ini juga berhasil dituntaskan, dimana DPRD Tebingtinggi dalam Sidang Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD M.Yudriho Chap Wakil ketua M Azly Azhari Hasibuan dan Chairil Mukmin Tambunan pada Senin (9/1/2017) lalu, menyetujui Rancangan Peraturan daerah (Ranperda) APBD Tahun Anggaran 2017 Kota Tebingtinggi yang terdiri dari Pendapatan Rp. 706.917.421.000 dan Belanja Rp. 726.817.421.000.

Pj.Walikota H Zulkarnain yang juga hadir dalam Sidang paripurna itu menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD yang dengan semangat dan penuh tanggungjawab tetap menyelesaikan pembahasan APBD 2017 hingga tahap persetujuan.

Dia juga mengatakan, perbedaan pendapat selama dalam pembahasan APBD tersebut adalah menuju kesempurnaan anggaran untuk pembangunan kota Tebingtinggi, yang pada hakikinya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tebingtinggi.

Dengan disetujuinya Ranperda APBD TA 2017 tersebut, sudah barang tentu berbagai Program pembangunan di jajaran SKPD akan berjalan, disamping itu, dengan lancarnya pembahasan dan pengesahan P.APBD TA 2016 dan RAPBD TA 2017, merupakan saah satu langkah terlaksananya Pelaksanaan Pilkada di Kota tebingtinggi pada 15 pebruari 2017 nanti, mengingat Anggaran Pilkada juga ada tertuang di kedua pos tersebut.

Pj Walikota H Zulkarnain Memimpin Apel Gabungan di Kantor Walikota Jalan Sutomo

Disamping itu, tugas tugas serta program lainya yang bermuara demi kepentingan masyarakat Kota Tebingtinggi juga sukses dilakukan pemko tebingtinggi dibawah kepemimpinan H Zulkarnain. Begitu juga dalam menjalin hubungan dengan berbagai kalangan seperti tokoh masyarakat, agama dan pemuda. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga situasi kondusif di kota tebingtinggi, H. Zulkarnain dengan menggandeng unsur FKPD dan Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat tetap mengajak bersama sama menjaga keamanan dan menciptakan suasana yang kondusif di Kota Tebingtinggi.

Hal lain lagi, adalah dalam kepemimpinan Zulkarnain, tepatnya dipengunjung Tahun 2016, Kota Tebingtinggi mencatat sejarah baru, dimana dalam satu hari tiga kegiatan besar tingkat Sumatera Utara sekaligus dilaksanakan di kota Tebingtinggi, yakni upacara apel besar gerakan pramuka Sumatera Utara, dan pembukaan kejuaraan tenis meja antar pelajar se Sumatera Utara serta peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2016 tingkat Sumatera Utara.

Tapi sukses dengan itu semua, ada satu hal lagi yang menjadi tugas berat Pj Walikota, H Zulkarnain, yakni mensukseskan pelaksanaan Pilkada pada 15 pebruari 2017 yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Memang tugas untuk pelaksanaan Pilkada tersebut ada ditangan Komisi pemilihan Umum (KPU), namun dukungan pemerintah Kota Tebingtinggi dibawah kepemimpinan H Zulkarnain sangat penting dalam mensukseskan pesta Demokrasi Masyarakat Kota Tebingtinggi ini.

Diberbagai kesempatan memang, Zulkarnain selalu mengingatkan dan mengajak semua pihak untuk sama sama mensukseskan Pilkada Kota Tebingtinggi sehingga pesta demokrasi yang menelan biaya tidak sedikit itu berjalan sukses dan menjadikan Pilkada Tebingtinggi yang bermartabat, Berintegritas dan Berkualitas

Pj Walikota H Zulkarnain Menima Kunjungan Ketua Komisi A DPRD SU an Rombongan terkait persiapan dan pelaksanaan Pilkada 2017 di Tebingtinggi

Salah satunya mensukseskan kegiatan itu adalah dengan tingginya persentasi kehadiran masyarakat untuk datang ke Tempat pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan Hak suaranya serta menjaga Netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Jajaran pemko Tebingtinggi. Dalam hal netralitas PNS sendiri, di beberapa kesempatan Pj Walikota juga tetap menekankan di kalangan PNS pemko Tebingtinggi untuk menjaga netralitasnya dalam Pilkada Pebruari 2017 nanti.

Diharapkan juga, Pj Walikota bisa berhasil melaksanakan tugas berat yang satu ini sampai terpilihnya Walikota dan Wakil walikota defenitif Kota tebingtinggi Lima Tahun kedepan, sebab dengan demikian akan menjadi sebuah cacatan keberhasilan H.Zulkarnain dalam memimpin Kota Tebingtinggi, semoga,-

Print Friendly, PDF & Email
tags: , ,

Related For Gebrakan Pj Walikota, H Zulkarnain Memimpin Kota Tebingtinggi