5 Tahun kepemimpinan Umar, Keberhasilan Hingga Penghargaan

Senin, Agustus 1st 2016. | Ragam |

Catatan : Junjungan Saragih
Wartawan Tebingnews.com

Walikota, Umar Zunaidi Hasibuan

Walikota, Umar Zunaidi Hasibuan

Tanpa terasa, Kota tebingtinggi telah berusia 99 Tahun, pada 1 Juli 2016 kemarin, dalam usia mendekati satu Abad, bukanlah merupakan usia yang tergolong muda untuk yang berdiri di Negara kesatuan republik Indonesia ini.

Dalam usianya yang hitungan yang tidak sampai 356 hari kedepan akan genap berusia satu Abad ini, Kota yang memiliki Luas 38,438 Km2, yang sekarang dibawah kepemimpinan Walikota Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan MM duet Ir.H.Oki Dini Siregar, terlihat memang terus berbenah diberbagai sektor, dan harus diakui banyak hal positif yang terjadi dalam usianya sekarang ini.

Namun satu hal yang juga perlu kita ketahui, dalam jarak hitungan bulan Hari jadi Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan yang sejak 31 Agustus 2011 Silam resmi Menjabat Walikota Kota ini, pada 5 Agustus 2016 juga akan mengakhiri Kepemimpinannya, artinya genap sudah 5 Tahun Mantan Kadis Binamarga propinsi Sumatera Utara ini memimpin kota yang dulu dikenal dengan sebutan Kota lemang tersebut.

Menoleh kebelakang, dalam Kurun Waktu Lima Tahun ini, harus kita akui, banyak keberhasilan di berbagai sektor yang telah dilakukan Umar Zunaidi Hasibuan dalam menjalankan Roda pemerintahan dan pembangunan di Kota ini, walau diakui pula kekurangan yang perlu dilakukan pembenahan, namun hal itu merupakan wajar, sebab dalam waktu 5 tahun bukanlah waktu yang cukup untuk menjalankan berbagai program untuk membangun sebuah kota yang memiliki cakupan wilayah sebanyak 5 kecamatan ini.

Berbagai program, yang dia sampaikan dalam Visi dan Misinya, sebakian besar telah terlaksana dan berjalan, tidak hanya sebatas melaksanakan program pembangunan yang dia konsep, namun sejumlah pekerjaan yang belum tuntas dilakukan Wallikota sebelum dia, juga tidak luput dari perhatian dan prioritas Umar untuk melanjutkan.

Kita sebut misalnya Rencana pembangunan masjid Agung, penanggulangan bencana banjir, pemberdayaan Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM), peningkatan kapasitas dan kualitas RSUD dr Kumpulan Pane, penguatan program pendidikan serta peningkatan pelayanan publik hal tersebut terus dilanjutkan dalam kepemimpinan Umar Zunaidi Hasibuan.

Hal yang patut dibanggakan juga, dalam membangun kota yang tergolong kecil ini, Umar tidak hanya mengandalkan dari Keuangan daerah, lebih dari itu, kurun waktu lima tahun ini, dia terus berjuang ke propinsi hingga ke Pusat, bagaimana agar anggaran pembangunan teralokasi dan turun ke Kota Tebingtinggi.

Walikota terima Adipura Tahun 2016 dari Wapres RI Jusuf Kalla

Walikota terima Adipura Tahun 2016 dari Wapres RI Jusuf Kalla

Sebut juga misalnya pembuatan Bendungan bejayu, kita harus akui, dia sangat bekerja keras dan tidak terhitung berapa kali dia harus ke propinsi hingga ke kementerian PU di jakarta untuk memperjuangkan terwujutnya pembangunan Proyek bendung gerak dihilir sungai Padang yang dikenal dengan “Bendung Bajayu” dan digadang gadang akan dapat mengatasi problem Banjir yang kerap menjadi langganan Kota Tebingtinggi selama ini, hasilnya proyek itupun diperkirakan akan rampung 2017 mendatang.

Disektor UMKM juga merupakan prioritas Umar selama ini, berbagai terobosan dan pembinaan terus dia lakukan untuk mendorong kemajuan Prodak kemajuan produk Lokal kota ini, berbagai cara terus dilakukan rerangsang pelaku UKM kota ini, agar pelaku UKM ikut berpperan dan ambil bagian memamfaatkan kehadiran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), hal ini dia lakukan tentunya karena dia tiak ingin masyarakatnya hanya menjadi “penonton” tetapi harus menjadi “pelaku” dalam MEA itu.

Disektor Pendidikan, juga merupakan prioritas Umar Zunaidi, berbagai jenis Bea siswa kepada pelajar SD hingga Mahasiswa terus dianggarkan dalam APBD Kota Tebingtinggi, dan program tersebut lebih diutamakan kepada Warga dari golongan kurang mampu serta untuk pelajar atau mahasiswa berprestasi.

Untuk keserjahteraan Warga yang kurang mampu, juga ada terobosan yang dilakukan seperti pemberian bantuan untuk pembangunan Rumah warga yang tidak layak huni menjadi yaka huni, dan segenap usaha serta perjuangan dilakukan umar hingga ke pusat untuk menjolok anggaran demi kepentingan Warga Masyarakatnya tersebut.

Dibidang Kesehatan, sudah menjadi rahasia Umum disektor ini perkembangannya luar biasa, dimana dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada Masyarakat Kota ini,Walikota tidak hanya mengandalkan dalam penganggaran dana, lebih dari itu, walikota juga betul betul membenahi saran dan Prasarana kesehatan di Kota ini.

Walikota terima piala WTN di bidang Pengelolaan Lalu Lintas tahun 2013 dari Dirjen Perhubungan Darat

Walikota terima piala WTN di bidang Pengelolaan Lalu Lintas tahun 2013 dari Dirjen Perhubungan Darat

Kita sebut RSUD Dr Kumpulan pane, Rumah Sakit daerah yang dulunya tidak diminati warga untuk memperoleh pelayanan kesehatan, kini telah menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan, disamping telah meningkatkan Tipe RSUD ini menjadi tipe B dengan Berbagai pasilitas dan peralatan Medis yang serba lengkap dan canggih, pembangunan Fisik RSUD juga sangat luar biasa, dari segi SDM juga terus dibenahi di Rumahh sakit ini, dimana disampping peralatan yang canggih, para dokter berbagai spesialis juga dilengkapi, dan sekarang RSUD ini pun tidak hanya menjadi rujukan bagi warga masyaralat Kota Tebingtinggi, tapi juga menjadi tujuan bagi warga kabupaten/kota lainya untuk memperoleh pelayanan Kesehatan.

Intinya bagi Umar Zunaidi, semua warga Tebingtinggi tidak ada cerita tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, sebab kesehatan warganya bagi umar juga menjadi perhatian serius dalam kepemimpinannya.

Hal ini belum lagi keberhasilan di sektor sektor lain, intinya dari semua yang dilakukan dalam pembangunan dan menjalankan roda pemerintahan di Kota Tebingtinggi kurun waktu lima Tahun ini, juga diakui oleh pemerintah Pusat maupun Propinsi, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya penghargaan dan anugerah yang diterima Kota Tebingtinggi dalam masa kepemimpiannya, diantara Puluhan Prestasi yang dia peroleh antara lain.

penghargaan Daerah Peduli Tertib Ukur 2013 dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI Gita Wirjawan Pada Nopember 2013. Atas kepedulian terhadap Dunia Pramuka, Walikota menerima penghargaan Dharma Bakti Pramuka dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang disematkan Gubernur Sumut H Gatot Pujonugroho pada Tahun 2013.

Penghargaan Akuntabilitas Kinerja “cukup baik” se-Indonesia. (Jakarta, 29 Januari 2014 oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Biokrasi RI). Penghargaan Sertifikat / Piagam Adipura dalam Bidang Lingkungan Hidup dari Menteri Lingkungan Hidup pada 5 Juni 2014.

Pada desember 2014, sebanyak 6 Sekolah di Kota Tebingtinggi juga menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2014 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Penghargaan BPKP Provinsi Sumatera Utara Peringkat ke II dari BPKP Perwakilan Sumatera Utara kategori Kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) terbaik se-Provinsi Sumatera Utara tahun 2015 dari Gubernur Sumatera Utara, H Gatot Pujo Nugroho ST Msi. Penghargaan TPID untuk kawasan Sumatera. Presiden RI, Ir H Joko Widodo pada tanggal 27 Mei 2016.

Penghargaan Manggala Karya Kencana. Presiden RI, Ir H Joko Widodo pada tanggal 1 Agustus 2015. Penghargaan Pakarti Madya Tingkat Nasional kepada PKK Kota tebingtinggi pada tanggal 1 Agustus 2015 yang diserahkan Ibu Wakil Presiden RI, Hj Mufidah Jusuf Kalla.

Meraih Piala Adipura Tahun 2015 pada tanggal 23 November 2015 yang diserahkan Wapres Jusuf Kalla. Piala Wahana Tata Nugraha kategori Lalu Lintas untuk kota sedang dari Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Desember 2015. Penghargaan Kota Sehat dari Menteri Kesehatan RI, Prof dr Nila Djuwita F Moeloek Sp M tanggal 27 November 2015.

Keberhasilan Rumah Baca Bandar Utama meraih Juara I lomba pada Perpustakaan Desa/Kelurahan Sumatera Utara dari Perpustakaan Sumatera Utara pada Tanggal 27 Agustus 2015. Penghargaan Pembina K3 dari Menteri Ketenagakerjaan RI, M Hanif Dhakiri tanggal 10 September 2015.

Bahkan dibidang Pers, Walikota juga menerima Penghargaan Anugrah Pin Emas dari Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Utara yang diserahkan Ketua Umum PWI Pusat H Margiono di Gedung Martabe Kantor Gubsu tanggal 5 Desember 2015 silam.

Walikota jenguk seorang Warga Kurang mampu penderita kebocoran Jantung sebelum akhirnya dirujuk Jantung Harapan Kita Jakarta

Walikota jenguk seorang Warga Kurang mampu penderita kebocoran Jantung sebelum akhirnya dirujuk RS Harapan Kita Jakarta

Tidak sampai disitu, tahun 2016 ini Pemerintah Kota Tebingtinggi juga diberikan wewenang oleh Pemerintah Pusat untuk mengeluarkan Kartu Indetitas Anak (KIA) bagi anak-anak yang berusia hingga 5 dan 16, dimaan wewenang itu tidak dimiliki semua kota, untuk sumatera Utara hanya ada dua, yakni Tebingtinggi dan tanjung Balai, hal ini tentunya merupakan penghargaan dari Pemerintah Pusat atas keberhasilan kota Tebingtinggi menerbitkan akte kelahiran diatas 75 % warga Tebingtinggi.

Dan masih banyak lagi penghargaan lainya yang tidak dapat disebutkan, dan teranyar, menjelang akhri jabatannya, untuk kedua kalinya Walikota Kembali memperoleh Piala Adipura Buana Tahun 2016 dari Wapres H.Yusuf Kalla pada puncak acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Siak Kepulauan Riau 22 Juli 2016 kemarin. Bersamaan dengan itu, juga didapat Piala Adywiyata yang diraih SMAN-4 dan SMKN-4 Kota tebingtinggi.

Dari semua penghargaan yang diperoleh, dalam satu kesempatan Umar Mengungkapkan, semua kerhasilan yang diperoleh Kota tebingtinggi, adalah berkat dukungan dan kerjasama segenap komponen masyarakat dan stakeholder , “Ini semua bisa diperoleh , Karena Tebingtinggi memang Bisa, Hebat dan mantap” ungkapnya dalam satu kesempatan.

Harapan Kita kedepannya apa yang telah diraih Kota tebingtinggi, semua bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi dimasa mendatang, dan semua itu ttentunya kembali kepada semua komponen tadi, untuk sama sama mendukung dan saling bersinergi dalam mewujutkan pembangunan Kota Tebingtinggi ini,semoga

Print Friendly, PDF & Email

Related For 5 Tahun kepemimpinan Umar, Keberhasilan Hingga Penghargaan