Walikota Tebingtinggi Buka Musrenbang RPJMD

Selasa, September 12th 2017. | Ekonomi, Politik & Pemerintahan |

Tebingtinggi I Tebingnews.com – Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tebingtinggi Tahun 2017-2022 mengingatkan bahwa pekerjaan harus dilakukan sesuai e planing.

“Untuk kedepannya, diharapkan tidak ada lagi pekerjaan yang dilakukan diluar e planning yang sudah disusun, sehingga program pembangunan baik secara kwantitas dan kualitas dapat diwujudkan secara nyata,” demikian tegas walikota saat membuka Musrenbang RPJMD tahun 2017-2022, Selasa (12/9), di Gedung Balai Kartini yang dihadiri unsur FKPD, Wakil Walikota H Oki Doni Siregar, Wakil Ketua DPRD H Chairil Mukmin Tambunan dan dari Bappedasu, Ronny Iswandy.

Menurut walikota, dokumen RPJMD ini sebelumnya telah disusun oleh Tim dari Pemko Tebingtinggi bersama stakeholder bekerja sama dengan tim dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, dan sebagai pembanding Prof Dr Ramli dan Prof Dr Yuspinhar dari USU Medan.

Disampaikan bahwa dalam pelaksanaan Musrenbang RPJMD ini kiranya disusun secara sinkronisasi dengan RPJMN, RPJMD Provinsi dan Nawacita Presiden RI dirajut dan berintregitas mulai dari bawah sampai keatas. “RPJMD harus sejalan dengan Visi dan Misi Walikota dan Walikota terpilih, dan RPJMD ini harus dapat dijadikan pedomanan oleh Pemko Tebingtinggi, selama 5 tahun kedepan, dan lebih penting lagi RPJMD ini menjadi acuan dalam menyusun APBD maupun R.APBD Tebingtinggi,” ujar walikota.

Pada kesempatan itu, Walikota berharap kepada segenap pimpinan SKPD, agar RPJMD ini pula kiranya dijadikan pedoman dalam menyusun Renstra (Rencana Strategi) di masing-masing SKPD, sudah atau belum mendapat persetujan RPJMD ini boleh dipakai untuk menyusun Renstra.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Tebingtinggi H Chairil Mukmin Tambunan mengatakan, Musrenbang RPJMD Kota Tebingtinggi 2017-2022 ini sangatlah penting dan merupakan langkah awal bagi Pemerintah Kota dalam melaksanakan Pembangunan Tebingtinggi untuk 5 tahun ke depan.

“Diharapkan dalam penyusunan RPJMD ini dapat menampung segala masukan dari berbagai elemen masyarakat dan masukan-masukan dari masyarakat disampaikan saat anggota DPRD melakukan reses, yang semua tentunya kita mengharapkan Musrenbang RPJMD keberpihakannya kepada masyarakat lebih besar,” harapnya.

Sedangkan Prof Ramli dan Prof Yunpinhar, sebagai pembanding dalam Musrebang tersebut menyampaikan, dari ratusan halaman dukumen RPJMD yang disampaikan, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dan pembahasan lebih dalam terutama menyangkut data angka-angka yang disuguhkan tidak akurat, karena masih menggunakan data tahun 2015 sementara yang terbaru belum ada,-(rika)

Print Friendly, PDF & Email

Related For Walikota Tebingtinggi Buka Musrenbang RPJMD