Siapa Pj Walikota Tebingtinggi Belum Diputuskan Kemendagri

Selasa, September 6th 2016. | Politik & Pemerintahan |
Poto : Ilustrasi

Poto : Ilustrasi

Medan | Tebingnews.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sampai saat ini belum ada memutuskan siapa yang akan menjadi pejabat (Pj) Walikota Tebingtinggi, Sampai dilaksanakannya Pilkada 2017 mendatang hingga terpilihnya Walikota defenitif di Kota ini

Padahal beberapa waktu lalu Pihak Pemerintah propinsi Sumatera Utara telah merekomendasikan Tiga Nama kepada Kementerian Dalam negeri untuk menduduki Pejabat (Pj) Walikota Tebingtinggi, Pasca ditinggal oleh Umar Zunaidi Hasibuan dan Oki Doni Siregar yang telah Habis periodenya sejak 5 Agustus 2016 lalu.

Adapun Ketiga nama tersebut sebegaimana informasi yang diperoleh adalah Kepala Badan Lingkungan Hidup Sumut Hidayati, Asisten III Sekretariat Daerah Pemprov Sumut, OK Zulkarnain, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemprov Sumut, Zulkifli Taufik.

“Belum ada keputusan, saat ini kita masih menunggu,” Kata Kepala Biro Otonomi Daerah Pemprov Sumut Jimmy Pasaribu, Senin (5/9/2016).

Di sisi lain, Kelapa Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Dodi Riatmadji, mengaku belum mengetahui informasi terkini terkait penunjukan Penjabat Walikota Tenbingtinggi.

Meski demikian, ia mengatakan bahwa proses penunjukan seorang penjabat kepala daerah mestinya dapat dituntaskan dalam kurun waktu seminggu setelah penyampaian rekomendasi oleh pemerintah daerah.

“Saya belum lihat datanya, nanti saya cek. Tapi biasanya kalau sudah direkomendasikan oleh Biro Otonomi Daerah, seminggu setelahnya sudah ada keputusan,” ujarnya saat dihubungi.

Seperti diketahui, pengajuan tiga calon Penjabat Walikota Tebingtinggi telah disampaikan Biro Otonomi Daerah Pemprov Sumut kepada Kementerian Dalam Negeri sejak beberapa pekan lalu.

Pengajuan tersebut dilakukan meski DPRD Kota Tebingtinggi tak kunjung menggelar Paripurna pemberhentian Umar Zunaidi Hasibuan regar jabatannya selaku Walikota dan Wakil Walikota Tebingtinggi periode 2011-2016. Padahal, masa jabatan Umar telah berakhir sejak tanggal 5 Agustus 2016 lalu.

Namun untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di Pemerintahan Kota tebingtinggi, Gubernus Sumatera Utara Telah menunjuk Sekdako Tebingtinggi Johan Samose Harahap menjadi Pelaksana Harian (Plh) Walikota Tebingtinggi sampai adanya Pejabat Walikota yang ditetapkan Kemendagri

Sementara itu terpisah, Kepala Badan Lingkungan Hidup Sumut, Hidayati, yang disebut sebut merupakan salah satu nama yang telah direkomendasikan Biro Otonomi Daerah Pemprov Sumut kepada Kementerian Dalam Negeri, masih enggan banyak berkomentar saat ditanya tentang pemilihan Penjabat Walikota Tebingtinggi tersebut.

Hidayati menyerahkan sepenuhnya keputusan penunjukan tersebut kepada Kementerian Dalam Negeri.

“Kita serahkan saja sepenuhnya ke Kemendagri,” ujar Hidayati saat ditanya tribun-medan, Senin (5/9/2016).

Editor : Sa
Sumber : tribunmedan

Print Friendly, PDF & Email
tags: , , , , ,

Related For Siapa Pj Walikota Tebingtinggi Belum Diputuskan Kemendagri