Maju di Pilkada Tebingtinggi, Umar-Oki “Borong” Parpol ?

Selasa, September 20th 2016. | Politik & Pemerintahan |

pilkada-tebingtinggi-2017Tebingtinggi | tebingnews.com – Menjelang pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota tebingtinggi yang digelar Pebruari 2017 mendatang, Balon Balon Walikota yang sebelumnya namanya sempat memcuat kepermukaan akan ikut meramaikan Pilkada di Kota ini, kini sudah redup.

Namun lain hanya dengan Balon Pasangan Petahana, yakni Umar Zunaidi Hasibuan dan Oki Doni Siregar, Pasangan ini terlihat terus melakukan gerilnya, bahkan disebut sebut Pasangan Incumbent ini akan maju di Pilkada Kota tebingtinggi dengan “Memborong” Hampir semua Partai Politik yang memiliki Kursi di DPRD Kota tebingtinggi.

“Partai-partai yang memberikan dukungan kepada Umar dan Oki, sesuai rumor yang berkembang itu diantaranya Partai demokrat, Partai gerindra, Partai Nasdem, Partai Hanura, Partai PKB, Partai Golkar, PPP dan PDI-P” Ungkap Aktivis LSM di Kota tebingtinggi, Samsudin S

Menurut Samsudin, Bila Partai diatas telah benar benar mendukung Pasangan Incumbent ini, maka Umar dan Oki telah mendapat sebanyak 19 dari 25 kursi yang ada di DPRD Kota tebingtinggi. Tersisa tinggal enam kursi, yakni PAN,PBB,PKPI dan PKS.

“Sisa kursi yang ada ini hanya bisa mencalonkan satu pasangan calon saja, itupun dengan catatan kalau ada pasangan calon yang serius untuk menandingi calon petahana serta kalau tidak ada lagi diantara Parpol tersisa itu yang memberikan dukungan ke Umar-Oki” sebutnya.

Namun melihat perkembangan belakangan ini, Menurut Samsudin, belum ada Balon lain yang terlihat bakal muncul, hingga dia memprediksi, kalau Pilkada Kota tebingtinggi hanya akan di ikuti Calon Tunggal, yakni Pasangan Petahana.

Apa yang diprediksi diatas, memang sangat beralasan, sebab menujuk Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 8 tahun 2015 pasal 40 tentang persyaratan pencalonan dan PKPU Nomor 5 tahun 2016 tentang perubahan PKPU Nomor 9 tahun 2015 tentang persyaratan dan syarat pencalonan. Persyaratan pencalonan 20 persen dari 100 persen jumlah kursi DPRD Tebingtinggi dengan arti calon harus didukung 5 kursi yang diperoleh Parpol.

Sementara menurut sumber, Pasangan Umar Zunaidi dan Oki Doni akan mendaftarkan diri ke KPUD Kota tebingtinggi di akhir pendaftaran nanti, karena menurut informasi, Umar-Oki ssat ini masih sedang melakukan Loby lagi terhadap Partai keadilan Sejahtera (PKS) yang juga memiliki 2 Kursi di DPRD Kota Tebingtinggi.

“Bila benar PKS akan mendukung Umar dan Oki maka sudah dapat dipastikan Pilkada Kota tebingtinggi hanya akan di ikuti Calon Tunggal” Ungkap sumber itu,- (rs)

Print Friendly, PDF & Email
tags: , , , ,

Related For Maju di Pilkada Tebingtinggi, Umar-Oki “Borong” Parpol ?