Tuntut Kebijakan Pemerintah, Forum Mahasiswa dan Masyarakat Tebingtinggi Unjukrasa

Kamis, Januari 12th 2017. | Peristiwa |

Tebingtinggi | Tebingnews.com – Puluhan orang yang mengatasnamakan Forum Mahasiswa Pemuda dan Masyarakat bersatu kota Tebingtinggi melakukan aksi unjukrasa, ke kantor Walikota dan DPRD Tebingtinggi di Jalan Sutomo kota setempat, Kamis (12/1/2017) siang

Terpantau, Aksi Massa yang merupakan gabungan dari PC Himmah, FPI, Ikatan Pelajar Muhammadiyah dan masyarakat itu pengawalan dari Aparat Polres Tebingtinggi. Dengan mengambil titik kumpul di Mesjid Raya Nur Addin Jalan Suprabto, pengunjukrasa dengan membawa sejumlah poster kemudian bergerak menuju Bundaran Bank mandiri dan berorasi ditempat itu.

Selanjutnya massa bergerak menuju Kantor Walikota dan DPRD Tebingtinggi di Jalan Sutomo, dikedua Instansi itu, Pengunjukrasa kembali melakukan orasi yang disampaikan Muslim Istiqomah, M Syahri R Damanik dan Mhd Zein Agustar.

Dalam orasinya, pengunjukrasa menyampaikan tututan mereka untuk disampaikan kepada pemerintah pusat. antara lain meminta agar dicabut Peraturan Pemerintah (PP) No. 60 tahun 2016 tentang kenaikan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), menolak kenaikan Tarif Dasar Listrik golongan 900 Va dan mendesak dikembalikannya subsidi untuk Tarif Dasar Listrik golongan 900 Va, menolak kebijakan Pemerintah yang menaikkan harga BBM sehingga terjadi efek domino dan mengakibatkan kenaikan harga bahan pokok yang semakin membuat rakyat menderita

Mereka juga menagih janji politik PJokowi/JK pada tahun 2014 silam, mereka juga mengharapkan agar dilakukannya operasi pasar yang tepat sasaran bukan operasi pasar yang asal asalan di Tebingtinggi hingga rakyat yang benar benar embutuhkan tidak kebagian.

Usai menyampaikan orasinya di depan kantor Walikota dan DPRD, Pengunjukrasa kemudian diterima Pj Walikota Tebingtinggi H Zulkarnain, Wakil Ketua DPRD Tebingtinggi M Hazly Azhari, Anggota DPRD Wakidi, Syahril, dan sejumlah Kepala Dinas di Ruang data Pemerintah Kota itu.

Pada pertemuan itu, Ketua FPI Kota Tebingtinggi Muslim Istiqomah Sinulingga menyebutkan kenaikan BBM dan Listrik sangat menyakiti hati Rakyat, Senada dengan itu, PC. Himmah Kota Tebingtinggi Syahri R Damanik dan Zulkarnain dari pemuda Muhammadiyah juga menyebutkan, mereka menolak keras kebijakan Pemerintah atas kenaikan Tarif Dasar Listrik, BBM, pajak kendaraan yang menjadi dampak domino.

“kami kemari bukan karena kepentingan pribadi, kami kemari atas jeritan orang tua kami dirumah, saudara-saudara kami, atas kenaikan sejumlah bahan pokok, hal itu sudah sangat menyakitkan hati kami, sikap pemerintah yang selalu lempar bola membuat rakyat menjerit, kami juga meminta agar DPRD sampaikan tuntutan kami ke DPR RI” ujar Muslim Istiqomah Sinulingga.

“Kepada bapak walikota dan DPRD, tuntutkan kami juga meminta kembalikan UUD 45 yang asli, dan kami menolak faham komunisme dan PKI, kami juga mendengar dari laporan masyarakat, bahwa banyak imigran yang berasal dari Negara tiongkok” tambah Syahri Damanik.

Menanggapi tuntutan pengunjukrasa, Pj Walikota Tebingtinggi H Zulkarnain berjanji akan menyampaikan aspirasi mereka tersebut kepada Pemerintah Pusat secara tertulis dan memberikan tembusannya kepada pengunjukrasa sebab kewenangan kebijakan tersebut tidak ada pada mereka di daerah.

Pj Walikota juga mengajak agar tetap sama sama menjaga kondusifitas Kota Tebingtinggi yang selama telah terjaga. Sedangkan mengenai Operasi Pasar di kota Tebingtinggi, menurut Pj Walikota pihaknya pada Jumat (13/1/2017) akan melakukan sidak dulu ke pasar untuk mengetahui kondisi pasar, dan baru kemudian dilakukan Operasi pasar atau Pasar Murah.

Usai menyampakan aspirasinya, pengunjukrasa kemudin membubarkan diri dengan tertib dan kembali ke titik kumpul di mesjid Raya Nur Addin kota Tebingtinggi.- (Nal)

Print Friendly, PDF & Email
tags: , , , , , , ,

Related For Tuntut Kebijakan Pemerintah, Forum Mahasiswa dan Masyarakat Tebingtinggi Unjukrasa