Ribuan Rumah di Tebing Tinggi Terendam Banjir

Selasa, Desember 17th 2019. | Peristiwa |

Tebingtinggi I Tebingnews.com – Sekitar 4000 rumah di Kota Tebing Tinggi terendam banjir, Senin (16/12/2019). Selain ribuan rumah, banjir juga melanda inti kota dan beberapa fasilitas umum lainnya. Pihak terkait terpaksa meliburkan beberapa sekolah yang dilanda banjir.

Hujan yang turun Minggu malam (15/12) ditambah meluapnya aliran sungai Sei Padang dan Sei Bahilang sejak pukul 23.30 WIB membuat beberapa kelurahan di wilayah Kota Tebing Tinggi dilanda banjir kiriman yang mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir antara 10  hingga 30 cm. 

Debit air semakin meninggi hingga Senin pagi, pemukiman penduduk di beberapa Kelurahan di antaranya Kelurahan Mandailing, Bandarsono, Pasar Baru, Pasar Gambir dan Persiakan yang berada di wilayah bantaran Sei Bahilang sudah terendam banjir. Debit air semakin meninggi hingga menjelang siang air  sudah hampir menggenangi seluruh wilayah Kota Tebing Tinggi termasuk daerah perkotaan di antaranya Jalan Suprapto, Thamrin, Pattimura, Sudirman, dan Bandar Sono.

Akibatnya, beberapa kendaraan roda empat dan roda dua tidak dapat melintasi beberapa kawasan karena kedalaman air mencapai 30-50 cm. Bahkan aktivitas pertokoan di inti kota tutup karena air sudah menggenangi ruko mereka. Bahkan pasar kain beserta  seluruh ruko yang berada di Jalan MT Haryono tutup total karena debit air mencapai setengah meter.

Menurut pantauan Medan Pos, hingga Senin siang kondisi air tidak juga surut bahkan akibat meluapnya dua sungai yang ada di Tebing Tinggi ini debit air semakin meninggi hingga pemerintah setempat terpaksa menghimbau warga untuk mengunggsi ketempat yang lebih aman.

Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimyathi kepada wartawan Senin (16/12/2019) menjelaskan, hingga saat ini dari data yang diterima sekitar 4000 rumah warga dilanda banjir. Selain rumah warga, pasar dan sekolah juga ikut terendam.

” Kita telah menyiapkan posko banjir dan posko kesehatan yang saat ini dipusatkan di Kantor Camat yang terdampak banjir “, ujar Dimyathi.

Hujan yang turun sejak Minggu (15/12) malam juga mengakibatkan longsor di jalan lintas Tebing Tinggi – Pematang Siantar di daerah PTPN IV Pabatu, Kabupaten Sergai.

Kapolres Tebing Tinggi AKBP Sunadi yang langsung turun ke lapangan bekerja sama dengan PTPN IV Pabatu langsung mengevakuasi pohon-pohon yang menutupi jalan lintas Tebing Tinggi – P. Siantar.

Akses jalan yang terputus akhirnya bisa dilalui kendaraan roda empat dengan sistem buka tutup, sementara kendaraan roda dua masih dilarang melintas karena air masih menggenangi jalan.

Menurut catatan, banjir serupa terakhir terjadi di Kota Tebing Tinggi pada bulan Desember tahun 2017 lalu. Hingga berita ini dikirimkan air masih menggenangi inti kota dan beberapa kelurahan lainnya,-(rika)

Print Friendly, PDF & Email

Related For Ribuan Rumah di Tebing Tinggi Terendam Banjir