Edarkan Uang Palsu, Seorang Oknum Perwira Polisi Ditangkap

Rabu, Oktober 19th 2016. | Peristiwa |
Tersangka berikut barang bukti yang diamankan Petugas Kepolisian,- (Foto: M Afifi/detikcom)

Tersangka berikut barang bukti yang diamankan Petugas Kepolisian,- (Foto: M Afifi/detikcom)

Gunungkidul | Tebingnews.com – Seorang Oknum Perwira Polisi berinisial Mar, yang Berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) diamankan Aparat Kepolisian Polres Gunungkidul karena mengedarkan uang Palsu dengan cara belanja rokok dan minuman di warung daerah Pinggiran Gunungkidul.

Perwira menengah yang bertugas di Polda DIY ini ditangkap di kawasan kecamatan Saptosari Gunungkidul, Selasa (18/10/2016) sekitar pukul 13.30 WIB. Awalnya, oknum polisi ini membelanjakan uang pecahan Rp 100 ribu di sebuah warung di desa Jatis Saptosari.

“Awalnya selasa kemarin, yag bersangkutan membeli rokok dan minuman di warung-warung di sekitaran Saptosari dan Panggang. Tapi ada pemilik warung yang curiga dan tahu uang itu palsu, lalu memberi tahu warga sekitar. Warga lantas mengejar mobil yang dikendarai pembeli tersebut dan sebagian ada yang melapor ke Polisi,” kata Kasat Reskrim Polres Gunungkidul AKP Mustijad Priyambodo, di Mapolres Gunungkidul, Rabu (19/10/2016).

Dari koordinasi antara warga dan polisi yang melakukan pengejaran kemudian pelaku berhasil ditangkap di Saptosari saat membeli rokok di warung. Saat Polisi melakukan penggeledahan, dari dalam Mobil yang dikendarai Mar, Petugas Menemukan uang Palsu sebesar Rp. 17 Juta dan satu pucuk pistol air softgun dan Puluhan Bungkus Rokok serta minuman kemasan

Saat dimintai keterangan, lanjutnya, diketahui bahwa Mar merupakan anggota polisi aktif. Selanjutnya ptugas melakukan pengembangan dan menggeledah rumah pelaku yang berada di kawasan Sayegan Sleman. Dari rumah itu, peugas kembali menemukan uang palsu sebesar 54 juta pecahan 100 ribu.

“Saat ini, kami masih melakukan pendalaman dan memeriksa saksi-saksi,” Kata Kasat Reskrim.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda DIY, Kombes Anny Pudjiastuti membenarkan bahwa pelaku merupakan anggota polisi aktif yang bertugas di Mapolda DIY. “Yang bersangkutan pangkatnya Kompol, tugas di Polda DIY,” tegasnya,

Kombes Anny juga menjelaskan bahhwa sesuai perintah Kapolda DIY kepada Kapolres Gunungkidul, anggota yang melanggar hukum harus tetap diproses dan ditindak tegas sesuai peraturan yang berlaku.

“Proses pidananya sama dengan masyarakat sipil, dari Reserse, limpahkan ke kejaksaan lalu pengadilan. Jika sidang inkracht putusan 4 tahun ke atas, maka akan ada pemberhentian tidak terhormat,” Jelasnya,-

 

Editor : Sa
Sumber : kompas / detikcom

Print Friendly, PDF & Email
tags: , , ,

Related For Edarkan Uang Palsu, Seorang Oknum Perwira Polisi Ditangkap