Dua Pelaku Penjambret HP Diamankan Polisi

Jumat, November 17th 2017. | Peristiwa |

Tebingtinggi | tebingnews.com – Dua Pelaku Jambret di kota Tebingtinggi diamankan Polsek Rambutan, setelah sebelumnya tertangkap warga saat melakukan aksinya di Jalan KF Tandean Kota serempat.

“Kedua pelaku adalah RTRS alias Ridho (19) warga Jalan Bawang Putih, Lingk VI, Kel Bandar Sakti dan rekannya MIF alias Irfan (17) warga Jalan Baja, Lingk IV, Kel Tambangan, Kec Padang Hilir, Kota Tebingtinggi”, ujar Kasubbag Humas Polres Tebingtinggi AKP MT Sagala didampingi Kapolsek Rambutan AKP Supendi dan Kanit Reskrim Iptu Baringin Jaya di Mapolsek itu, Jumat (17/11/2017) siang.

Dijelaskan Peristiwa penjambretan itu terjadi pada Rabu (15/11/2017) sore lalu, di Jalan KF Tandean Kelurahan Bulian, Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi, tepatnya di depan salah satu kios pangkas.

“Saat itu, korban Ilham Ramadhan (18), warga Dusun IV Krompol, Desa Paya Bagas, Kec Tebingtinggi, Kab Serdang Bedagai (Sergai) menitipkan satu unit HP miliknya kepada temannya Icha Fitria, karena korban akan memotong rambut. Sambil menunggu korban yang sedang potong rambut, teman korban, Icha kemudian duduk di kursi batu yang berada depan kios pangkas tersebut. Namun saat Icha sedang asyik melihat-lihat HP korban, tiba-tiba dari arah belakang datang pelaku Ridho dan langsung merampas HP korban dari tangan Icha,” jelas AKP MT Sagala.

Berhasil merampas HP tersebut, pelaku Ridho kemudian berlari kearah rekannya Irfan yang telah menunggu diatas sepeda motor. Melihat kedua pelaku hendak kabur, rekan korban, Icha sambil berteriak jambret berusaha mengejar pelaku dan sempat berhasil meraih kerah baju pelaku Ridho, namun usaha Icha gagal usai dirinya terjatuh akibat disiku oleh pelaku Ridho.

“Usaha kedua pelaku jambret untuk kabur akhirnya gagal, setelah korban Ilham Ramadhan datang dan menendang sepeda motor yang dikendarai kedua pelaku hingga terjatuh. Warga sekitar yang sempat mendengar teriakan Icha kemudian mengamankan kedua pelaku dan menghubungi pihak kepolisian Polsek Rambutan,” sebut Kasubag Humas.

Personil Polsek Rambutan yang menerima adanya laporan ini dengan dipimpin Kapolsek AKP Supendi langsung turun ke TKP dan mengamankan kedua pelaku dari amukan massa. Kedua pelaku berikut barang bukti satu unit HP milik korban yang disita dari tangan pelaku Ridho beserta satu unit sepeda motor yang digunakan kedua pelaku selanjutnya dibawa ke Polsek Rambutan guna menjalani pemeriksaan.

Dihadapan petugas, kedua pelaku mengakui perbuatannya telah merampas hp milik korban. Pelaku Ridho juga mengakui jika perbuatan yang dilakukannya ini merupakan aksinya untuk yang ketiga kalinya.

“Sebelumnya aku pernah melakukan jambret di Simpang Medan, dan melakukan pencurian bawang di Pasar Bandar Sakti,” ungkap Ridho sembari mengatakan jika dirinya melakukan perbuatan tersebut hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua pelaku telah ditahan dan masih menjalani pemeriksaan di Polsek Rambutan. Sedangkan pasal yang akan diterapkan terhadap kedua pelaku sama, yakni pasal 365 ayat (1) (2) ke 2e dari KUHPidana. Namun, proses penanganannya berbeda. Mengingat Pelaku Irfan masih di bawah umur maka penanganannya dilakukan secara diversi,” tambah Kapolsek Rambutan AKP Supendi.- (Nal)

Print Friendly, PDF & Email
tags: , ,

Related For Dua Pelaku Penjambret HP Diamankan Polisi