Guru Harus Mampu Menulis Buku

Rabu, September 11th 2019. | Pendidikan |

Tebingtinggi I Tebingnews.com – Saat ini buku merupakan hadiah paling berharga untuk siapapun, untuk itu para penulis yang ada di Kota Tebing Tingga jangan ragu untuk berkarya dengan harapan nantinya kota ini menjadi kota yang dapat mempertajam literasi di ranah pendidikan.

Demikian sambutan Kepala Dinas Perpustakaan Kota Tebing Tinggi, Khairil Anwar saat membuka kegiatan satu guru satu buku (sagusabu), Selasa (10/9) di Aula Hotel Malibou Tebing Tinggi. Kegiatan ini digelar oleh Ikatan Pendidik Penulis Sumatera Utara (IPPSU) bekerjasama dengan Media Guru dan diikuti 70 peserta dari berbagai kota dan kabupaten se- Sumatera Utara.

Khairil mengharapkan, usai pelatihan para peserta harus bisa menerbitkan bukunya dan menyumbangkan ke perpustakaan dan arsip daerah kota Tebing Tinggi. Untuk menghargai karya-karya penulis, kita sudah siapkan rak buku khusus yang nantinya akan diisi buku karya penulis Kota Tebing Tinggi.

Dengan pelatihan ini para peserta khususnya guru diharapkan mampu menghasilkan karya melalui pengalaman mereka sehari-hari sebagai guru. “Sehingga nanti akan menjadi catatan khusus bagi guru-guru di daerahnya ini mampu berkarya, bukan hanya hebat dalam mengajar tetapi dalam menulis pun mampu,” kata Khairil.

Ketua Panitia, Syamsudin, S.PdI saat penutupan, Rabu (11/9) mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni Selasa – Rabu (10-11 September) dan diikuti sekitar 70 peserta dari berbagai daerah.

Pelatihan Sagusabu ini menghadirkan narasumber terdiri dari Pemred MediaGuru, Eko Prasetyo dan Instruktur Nasional, Wiwik Puspita Sari. Narasumber memotivasi para peserta dan mengharapkan dalam waktu satu bulan naskah buku peserta harus siap, ujar Syamsudin.

Sementara salah satu pengurus inti IPPSU, Dewi Sri Indriati Kesuma mengatakan bahwa IPPSU terus membumikan literasi, mengajak teman-teman pendidik untuk giat menulis dan menularkannya kepada peserta didik.

Hal senada juga disampaikan Ketua Bidang Diklat IPPSU. Mahniar Sinaga mengharapkan dengan adanya kegiatan ini para peserta dapat berkarya melalui tulisan sehingga Propinsi Sumatera Utara memiliki penulis-penulis yang handal khusus nya dari kalangan guru, harapnya.

Salah satu peserta diklat, Nilawati Gultom S.Pd. AUD menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak IPPSU dan MediaGuru yang telah peduli dengan kebutuhan guru akan ilmu tentang mudahnya menulis buku. Menurutnya, IPPSU merupakan wadah yang tepat bagi guru seusia nya dalam belajar menulis buku. Dengan adanya kegiatan menulis ini semua inspirasi yang selama ini tertanam dapat disalurkan dalam bentuk tulisan, termasuk semua ide dan gagasan, ujarnya.

Selain pelatihan dan diskusi, kegiatan sagusabu ini di isi dengan penandatanganan komitmen bersama Resolusi guru menulis 2019, ” satu guru satu buku ” oleh seluruh peserta,-(rika)

Print Friendly, PDF & Email
tags:

Related For Guru Harus Mampu Menulis Buku