Pemerintah Belanda Akan Kembalikan 1500 Artefak ke Indonesia

Kamis, November 24th 2016. | Nasional |
PM Belanda Mark Rutte serahkan Keris kepada Presiden Jokowi (Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/dtc)

PM Belanda Mark Rutte serahkan Keris kepada Presiden Jokowi (Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/dtc)

Jakarta | Tebingnews.com – Kedatangan PM Belanda, Mark Rutte ke Indonesia, membawa kabar baik terkait peninggalan benda-benda bersejarah. Pasalnya Pemerintah Belanda berencana mengembalikan 1500 artefak peninggalan Nusantara ke Indonesia.

Artefak-artefak itu sebelumnya tersimpan di Museum Nusantara yang terletak di Delft, Belanda, dimana Museum tersebut akan ditutup hingga Belanda berniat untuk menyumbangkan berapa item koleksi Museum itu

Hal itu diungkapkan Mark Rutte saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2016).

“Sekarang saya ingin mempersembahkan sebuah keris kepada Tuan Presiden, ini dari koleksi besar artefak-artefak Indonesia di Delft, Belanda,” ujar Rutte sembari menyerahkan sebuah keris kepada Jokowi.

Rutte menyebut keris itu peninggalan zaman Nusantara. Keris yang tak disebutkan namanya itu dibawa ke Belanda di masa lalu dan kini kembali lagi ke Tanah Air.

“1.500 artefak akan dikembalikan ke Indonesia dan keris ini sebagai simbolisasi,” sebut PM Belanda itu.

Terpisah, Mendikbud Muhadjir Effendi mengapresasi niat pemerintah Belanda mengembalikan artefak. Benda-benda tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi.

“Saya belum dapat info yang cukup, tapi itu suatu hal yang bagus, memang banyak artefak yang disimpan di sana,” kata Muhadjir.

Meski hal ini berkaitan dengan Ditjen Kebudayaan yang ada di bawah Kemdikbud, tetapi Muhadjir belum tahu bagaimana teknis nantinya. Dia akan melakukan kunjungan ke Belanda dahulu untuk pembahasan lebih lanjut tentang hal ini.

“(Disimpan) di museum nantinya, museum yang sesuai dengan artefaknya. Misal di Perpustakaan Nasional kalau itu dalam bentuk buku-buku lama, kan banyak sekali dari Leiden segala itu,” Ujarnya,- (dtc)

Print Friendly, PDF & Email
tags: , , , ,

Related For Pemerintah Belanda Akan Kembalikan 1500 Artefak ke Indonesia