Kepemimpinan Umar Zunaidi Tebing Tinggi Terus Berbenah

Sabtu, Desember 15th 2018. | Kolom |

Oleh : Erika Puspita Sari


Selama kepemimpinannya, Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi dikenal sebagai sosok pemimpin yang tegas dan memiliki mobilitas yang tinggi. Umar Zunaidi Hasibuan juga dikenal sebagai walikota yang memiliki konektifitas dan jaringan lobi hingga kepemerintahan pusat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya program pembangunan daerah yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat.
Memasuki periode kedua kepemimpinan Umar Zunaidi, Pembangunan Kota Tebingtinggi terus mengalami peningkatan baik dalam hal pelayanan publik maupun peningkatan pembangunan sarana umum. Ada beberapa program kerja yang dititipkan walikota terdahulu dimasa kepememimpinannya yakni, pembangunan masjid agung, penanggulangan bencana banjir, pemberdayaan Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM), peningkatan kapasitas dan kualitas RSUD dr Kumpulan Pane, penguatan program pendidikan serta peningkatan pelayanan publik.
Bersama dengan legislatif dan dukungan masyarakat program tersebut dilaksanakan dan berjalan sesuai rencana. Masjid agung telah dapat difungsikan sebagai tempat ibadah dan kegiatan-kegiatan keagamaan. Selanjutnya, pada program peningkatan kapasitas dan kualitas RSUD dr Kumpulan Pane hingga saat ini terus berbedah diri. Penambahan ruang rawat inap baru sampai produk layanan kesehatan juga meningkat diantaranya, radiologi, rehabilitasi medic, patologi klinik,, penyakit syaraf dan mata, spesialis gigi, bedah onkologi, hipertiensi, bedah ginjal.
Dibidang penanggulangan bencana banjir, program ini berangsur-angsur dapat teratasi. Dengan dilakukannya pengerukan dasar sungai Bahilang, kondisi banjir telah mampu dikendalikan. Ditambah dengan kebijakan dua daerah bertetangga yakni Tebingtinggi dan Serdang Bedagai, maka kerjasama pun dilakukan dengan pembangunan bendung gerak dihilir sungai Padang yang dikenal dengan “Bendung Bajayu” (Bendung Batak, Jawa, Melayu). Kementerian PU melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera II mengalokasikan dana pembangunan bendung bajayu yang hingga saat ini sudah berfungsi.
Dibidang UMKM pemerintah Kota Tebingtinggi terus melakukan pembinaan guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Hingga saat ini Umar Zunaidi Hasibuan sedang gencar-gencarnya membangkitkan motivasi masyarakat untuk ikut serta berperan dalam menghadapi peluang usaha. Banyak sumberdaya, produk dan jasa yang bisa dipasarkan, meningatkan mutu dan desain produk serta peningkatan wawasan SDM masyarakat maka MEA dapat diamanfaatkan.
Perpres Nomor 3 Tahun 2016 menetapkan sedikitnya 245 proyek dan dua program sebagai Proyek Strategis Nasional. Proyek tersebut mencakup pembangunan jalan, kereta, pelabuhan, perumahan, energi, bendungan, air bersih, listrik hingga industri pesawat.
Pemerintah daerah diminta untuk mendukung pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN). Proyek yang tengah dikebut pemerintah pusat ini dapat disinkronkan atau diselaraskan dengan pembangunan di daerah. Artinya, kalau infrastruktur Proyek Strategis Nasional dibangun, pemerintah daerah harus mencari prospek yang cocok sebagai pasangan proyek pendukungnya.
Kota Tebing Tinggi yang berjarak ± 80 Km dari Medan berada di jalur jalan nasional menuju Kota Kisaran dan Danau Toba Parapat, telah memiliki berbagai sarana dan prasarana yang cukup memadai. Berbagai kegiatan pelayanan umum di bidang pendidikan, kesehatan, perdagangan, pemukiman dan penyediaan jasa-jasa memberikan peluang kepada dunia usaha dan masyarakat untuk melakukan investasi sesuai dengan pertumbuhan kota.
Proyek Strategis Nasional yakni pembangunan jalur tol yang bakal rampung menghubungkan Kota Medan dan Tebing Tinggi serta Proyek Pelabuhan di Kuala Tanjung Asahan bakal memiliki potensi investasi atau bisnis yang bakal membangkitkan prekonomian kota. Agar berbagai potensi tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh warga Kota Tebing Tinggi, dibutuhkan kejelian dan kecermatan dari pemerintah kota dalam mengeluarkan kebijakan yang benar – benar dibutuhkan di lapangan. Untuk menyikapi dunia industri dan perdagangan yang tengah berkembang dengan pesatnya, pemberian program pelatihan khusus yang berorientasi pada SDM dan keahlian berwirausaha perlu dilakukan sesegera mungkin. Sebagai kota jasa dan perdagangan, masyarakat perlu didorong untuk membangun sentra – sentra produk unggulan yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Selain memberikan bantuan modal, teknologi pangan pun hendaknya menjadi perhatian pemerintah untuk meningkatkan nilai ekonomi dari produk – produk yang dihasilkan.
Selanjutnya dibidang pendidikan dan pelayanan publik, program ini juga mengalami peningkatan. Penerimaan siswa secara online dan sarana pendidikan yang memadai telah menambah animo masyarakat luar Kota Tebingtinggi untuk menimba ilmu dikota ini.
Selama kepemimpinanya, didampingi dua wakilnya sebelumnya yakni alm. H Irham Taufik SH MAP dan Ir H Oki Doni Siregar, Walikota Tebingtinggi, Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM telah banyak menerima penghargaan baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Penghargaan tersebut diantaranya :

  1. Penghargaan Akuntabilitas Kinerja “cukup baik” se-Indonesia. (Jakarta, 29 Januari 2014/Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Biokrasi RI)
  2. Penghargaan TPID yang diikuti 233 peserta. (Jakarta, 21 Mei 2014/Presiden RI, Dr H Susilo Bambang Yudhoyono)
  3. Penghargaan Sertifikat / Piagam Adipura dalam Bidang Lingkungan Hidup. (Jakarta, 5 Juni 2014/Menteri Lingkungan Hidup)
  4. Penghargaan TPID untuk kawasan Sumatera. (Jakarta, 27 Mei 2016/Presiden RI, Ir H Joko Widodo)
  5. Penghargaan BPKP Provinsi Sumatera Utara Peringkat ke II dari BPKP Perwakilan Sumatera Utara kategori Kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) terbaik se-Provinsi Sumatera Utara tahun 2015. (Sumatera Utara, 16 Juni 2015/Gubernur Sumatera Utara, H Gatot Pujo Nugroho ST Msi)
  6. Penghargaan Manggala Karya Kencana. (Tangerang Selatan, 1 Agustus 2015/Presiden RI, Ir H Joko Widodo)
  7. PKK Tebingtinggi menerima penghargaan Pakarti Madya Tingkat Nasional. (Jakarta, 1 Agustus 2015/Ibu Wakil Presiden RI, Hj Mufidah Jusuf Kalla)
  8. Rumah Baca Bandar Utama meraih Juara I lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Sumatera Utara. (Hotel Madani Medan, 27 Agustus 2015/Perpustakaan Sumatera Utara)
  9. Penghargaan Pembina K3. (Jakarta, 10 September 2015/Menteri Ketenagakerjaan RI, M Hanif Dhakiri)
  10. Piala Adipura Tahun 2015. (Jakarta, 23 November 2015/ Wakil Presiden RI, H Muhammad Jusuf Kalla)
  11. Lomba Gerakan Menanam Satu Milyar Pohon pada acara Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional ke VIII tahun 2015. (Lapangan Brigif 7 Galang Deli Serdang Sumatera Utara, 4 Desember 2015/ Plt Gubsu diwakili Staf Ahli Bidang Hukum Setda Provinsi Sumatera Utara/ Feri H Nainggolan)
  12. Penghargaan Anugrah Pin Emas pada Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Utara. (Gedung Martabe Kantor Gubsu, 5 Desember 2015/ Ketua PWI Pusat, H Margiono)
  13. Piala Wahana Tata Nugraha kategori Lalu Lintas untuk kota sedang. (Jakarta, 22 Desember 2015/ Presiden RI, Ir H Joko Widodo)
  14. Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). (Medan, 23 Juni 2015/ BPK Perwakilan Sumut, Erwin SH M,Hum)
  15. Penghargaan Kota Sehat. (Jakarta, 27 November 2015/ Menteri Kesehatan RI, Prof dr Nila Djuwita F Moeloek Sp M)
  16. Dan yang terbaru, Walikota Tebingtinggi menerima Penghargaan APE. (Istana Wapres Jakarta, 19 Desember 2018/ Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise)
    Kita berharap besarnya potensi yang dimiliki Tebingtinggi dapat berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Dengan demikian, kota yang kita cintai ini akan mampu bangkit menjadi kota yang lebih maju.
    Disisi lain, peningkatan pelayanan juga merupakan tolak ukur keberhasilan pembangunan di Kota Tebingtinggi. Sebesar apapun keinginan pemerintah kota untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat tanpa diringi dengan peningkatan pelayanan publik, keberhasilan itu tidak sepenuhnya dapat dirasakan masyarakat ***(berbagai sumber)
Print Friendly, PDF & Email

Related For Kepemimpinan Umar Zunaidi Tebing Tinggi Terus Berbenah