Polres Tebingtinggi Ringkus Pemalsu Racun Herbisida

Kamis, Oktober 8th 2015. | Hukum |
Tersangka Yoni memaparkan aksi kejahatannya kepada petugas saat diperiksa di Mapolres

Tersangka Yoni memaparkan aksi kejahatannya dihadapan Kasat Reskrim dan Kasubbag Humas Polres Tebingtinggi

Tebingtinggi | Tebingnews – pelaku pemalsuan racun herbisida, Yoni (43) warga lingkungan IV Kelurahan Lalang Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi berhasl diringkus Satuan Reskrim Polres Tebingtinggi Kamis (8/10). Pelaku diamankan bersama 18 jerigen racun hama rumput (Herbisida) palsu di kediaman tersangka

Kapolres Tebingtinggi melalui Kasat Reskrim AKP Hasiolan Sinambela yang didampingi Kasubbag Humas Iptu MT Sagala dalam membeberkan kronologis penangkapan pemalsuan racun hama rumput tersebut kepada wartawan menjelaskan bahwa terbongkarnya pemalsuan racun herbisida itu setelah salah seorang korban, Iyul warga Desa Paya Mabar Kecamatan Tebingtinggi Sergai membeli 3 jerigen racun hama rumut dari tersangka.

Namun setelah digunakan racun tersebut diketahui tidak sesuai yang diharapkan, rumput tanamannya masih tetap hidup, akhirnya korban mengadukan nasib ke polisi hingga tersangka ditemukan di kediamannya bersama barang bukti berupa 18 jerigen racun palsu berikut alat pembuatnya berupa gincu pewarna, air serta obat 1 botol Herbisida yang digunakan sebagai pencampuran.

Tersangka Yoni mengakui bahwa praktek pemalsuan racun palsu tersebut sudah satu tahun dikerjakannya dan dipasarkannya kepada para pemesan di kediamannya, ”racun itu aku buat kalau ada yang pesan saja dan sudah ada untung sekitar Rp 10 juta bang” sebutnya.

Untuki Merknya, dia menggunakan merek ‘Basmilang’ yang dicetaknya di kawasan Jalan Rao dengan modal Rp 18 ribu per jerigen baik mulai jerigen, air, gincu pewarna serta obat Herbisida asli dicampurkan lalu dijual perjerigen rata-rata Rp 30 ribu. Yoni sendiri mengatakan bahwa praktek pemalsuan tersebut dipelajarinya dari temannya di Binjai lalu dicetuskannya di Kota Tebingtinggi yang kemudian ditawarkannya khusus kepada para petani dengan ukuran perjerigen.

Kini guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, Yoni harus mendekam di Mapolres Tebingtinggi dan dijerat dengan pasal berlapis yakni pasal 38 ayat (1) Jo Pasal 60 ayat (1) ke a dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun,- (red)

Print Friendly, PDF & Email
tags: , ,

Related For Polres Tebingtinggi Ringkus Pemalsu Racun Herbisida