Penyebar Berita Hoax Tentang Arahan Kapolri ditangkap

Rabu, Oktober 26th 2016. | Hukum |
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.- (int)

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.- (int)

Jakarta | Tebingnews.com – Penyidik Subdit Cyber Crime Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri berhasil menangkap orang yang diduga menyebarkan berita bohong atau hoax soal arahan kapolri untuk memeriksa politikus Senior PAN Amien Rais.

Kepala Subdirektorat Cyber Crime Komisaris Besar Himawan Bayu Aji membenarkan penangkapan orang yang diduga menyebarkan berita Hoax soal perintah Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian terebut

“Pelakunya sudah kami tangkap, sekarang masih diperiksa,” ujar Kombes Pol Himawan Bayu Aji, di Jakarta, Rabu (26/10/2016).

Disebutkannya, pelaku adalah penyebar berita bohong yang menyebut Kapolri Tito memerintahkan Kabareskrim untuk memeriksa mantan Ketua MPR Amien Rais.

Penyidik masih menyelidiki motif pelaku yang menyebarkan berita bohong tersebut. Namun meski demikian, pihaknya masih enggan mengungkap identitas pelaku kepada awak media.

Kami lihat dulu hasil identifikasinya, nanti koordinasikan dengan Direktur (Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim),” katanya.

Sebelumnya, Kabar tersebut muncul beserta slide show berjudul “Arahan Kapolri” yang terdiri dari 14 poin terkait dengan Pilgub DKI 2017.

Berita bohong itu juga membingkaikan wacana Kapolri memerintahkan Kabareskrim Komjen Ari Dono untuk memeriksa Mantan Ketua MPR Amien Rais yang ikut dalam aksi unjuk rasa menuntut Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (ahok) dihukum terkait kasus dugaan penistaan agama.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian sendiri sebelumnya telah menegaskan bahwa berita yang berisi 14 poin arahan Kapolri tentang Pilgub DKI, tidak benar.

“Semuanya enggak benar. Sumber juga enggak jelas. Mungkin pelaku sengaja ingin menyudutkan. Mungkin. Saya minta masyarakat untuk tidak percaya karena itu berasal dari medsos (media sosial),” kata Jenderal Tito Karnavian

Senada dengan Kapolri, Komjen Ari Dono juga sebelumnya mengatakan bahwa seluruh jajaran Polri tidak mendapat arahan seperti yang dikabarkan tersebut.

“Saya dapat pastikan bahwa tidak ada arahan dari Kapolri seperti yang dikabarkan itu. Seluruh jajaran dan pejabat utama Mabes Polri juga jadi saksi bahwa saat pengarahan, tidak ada slide show yang mengarahkan seperti itu,” ujarnya,- (ant)

BACA JUGA : Kapolri : Ada Berita Hoax Sebut Saya Perintahkan Pemeriksaan Amien Rais

Print Friendly, PDF & Email
tags: , , , , ,

Related For Penyebar Berita Hoax Tentang Arahan Kapolri ditangkap