Pastikan Keberadaan Apin Lehu, AMI Datangi Lapas Kota Tebingtinggi

Rabu, Agustus 31st 2016. | Hukum |
AMI menyerahkan berkas tentang Apin Lehu Kepada KPLP Leonard Silalahi, SH, MH

AMI menyerahkan berkas tentang Apin Lehu Kepada KPLP Leonard Silalahi,-

Tebingtinggi | tebingnews.com – Aliansi Masyarakat Islam (AMI) Kota Tebingtinggi Mendatangi Lembaga permasyarakatan (Lapas) Klas II B Tebingtinggi di Jalan Pusara pejuang, Rabu (31/8/), kedatangan AMI itu untuk melihat langsung Keberadaan Aifin Alias Apin Lehu Warga Kota Pematang Siantar yang didakwa Kasus Kepemilihan Narkotika dan pengrusakan Rumah tersebut serta menemui KPLP Lapas tersebut.

Kedatangan AMI yang dipimpin Muslim Istiqomah Sinulingga bersama empat rekannya itu diterima Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Leonard Silalahi, SH, MH diruang kerjanya, dalam pertemuan itu Muslim Istiqomah Sinulingga menyampaikan bahwa kedatangan mereka karena adanya infromasi yang mereka peroleh kalau Terdakwa Apin Lehu sering keluar masuk Lapas dengan berbagai alasan.

Seperti seringnya terdakwa keluar masuk rumah sakit dengan alasan sakit dan di rawat inap di ruang VIP tanpa dilakukan pemborgolan. “Saat ini kami ingin tau keberadaan Apin Lehu berada di dalam Lapas atau diluar. Karena informasinya terdakwa sering di luar Lapas, kenapa bagi seorang terdakwa yang diduga gembong narkotika dapat menikmati kebebasan, Ada apa semua ini?” Tanya Muslim kepada KPLP.

“Begitu juga dengan bebasnya terdakwa menggunakan alat komunikasi HP untuk berhubungan dengan dunia luar. Sehingga ada dugaan peredaran narkotika tetap berjalan mulus tanpa ada gangguan dengan pengendalian melalui HP dari balik tembok Lapas. Jadi kami ingin bertemu langsung dengan terdakwa untuk mengetahui secara pasti keberadaannya di Lapas?” Tegas Muslim Istiqomah Sinulingga ngotot agar dipertemukan dengan Apin Lehu.

KPLP Leonard Silalahi menyebutkan terkait dengan terdakwa di bantar ke rumah sakit merupakan haknya untuk mendapat perawatan sebagaimana mestinya. Hasil dari pemeriksaan medis di klinik Lapas yang dilakukan dokter, bahwa terdakwa mengalami pembengkakkan jantung mencapai 75 persen.

Terlihat Terdakwa Arifin alias Apin Lehu sedang duduk didalam Lapas Tebingtinggi,-

Terlihat Terdakwa Arifin alias Apin Lehu sedang duduk didalam Lapas Tebingtinggi,-

“Karena setiap warga binaan pemasyarakatan (WBP) ataupun napi mempunyai hak untuk menerima hak haknya sebagai manusia. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada terdakwa, siapa yang akan bertanggung jawab. Pasti pihak Lapas juga yang menjadi soroton dari berbagai pihak dan dipersalahkan, baik itu dari pihak keluarga maupun lembaga kemanusian seperti Hak Azasi Manusia (HAM)” Ungkap KPLP.

Mengenai masalah dugaan adanya alat komunikasi jenis HP berada ditangan terdakwa bukan merupakan peraturan di Lapas. Menurutnya, Itu jelas penyusupan yang dilakukan beberapa tamu terdakwa tanpa terjangkau pegawai Lapas. Saat ini WBP dan napi di Lapas mencapai 1200 orang, sementara personil yang mengawasi hanya 5-7 orang dan bergantian dala 1×24 jam. Dan itu selalu kami lakukan razia setiap hari di ruangan para WBP dan napi. Saat ini yang terjadi di Lapas bahwa pegawai tidak sebanding banyaknya WBP dan napi. Narapidana (napi) merupakan tahanan titipan dari Kepolisian dan Kejaksaan” sebut Leonard Silalahi.

Namun KPLP tetap bertahan tidak mengizinkan AMI yang datang berjumlah lima orang itu untuk bertemu terdakwa Apin Lehu, dengan dalih bahwasanya setiap WBP maupun napi di Lapas berhak untuk tidak menerima tamu, itu tidak terkecuali pada siapapun. Namun atas desakan AMI hanya untuk membuktikan kebenaran keberadaan terdakwa masih di areal Lapas, akhirnya KPLP mengizinkan AMI melihat dengan dibatasi pagar pembatas.

“Baik lah pak, saat ini kami masih yakin pada pihak Lapas bahwasanya Apin Lehu masih berada didalam Lapas” Ucap Muslim pada KPLP.

Sebelum meninggalkan ruangan KPLP, AMI juga menyerahkan berkas terkait dengan adanya surat DPO Apin Lehu dari pihak Kepolisian dan Kejaksaan kota Pematang Siantar,- (om)

Print Friendly, PDF & Email
tags: , , , ,

Related For Pastikan Keberadaan Apin Lehu, AMI Datangi Lapas Kota Tebingtinggi