Apin Lehu dituntut 12 Tahun Penjara dan Denda Satu Miliar

Rabu, September 28th 2016. | Hukum |
Terdakwa Arifin Alias Apin Lehu mendengarkan Tuntunan JPU di Pengadilan Negeri Tebingtigngi, Selasa (27/9/2016),-

Terdakwa Arifin Alias Apin Lehu mendengarkan Tuntunan JPU di Pengadilan Negeri Tebingtigngi, Selasa (27/9/2016),-

Tebingtinggi | Tebingnews.com – Arifin alias Apin Lehu, Warga Kota Pematang Siantar yang didakwa kepemilikan Narkotika Golongan I serta Pengrusakan Rumah Milik Warga di Kota tebingtinggi dituntut Hukuman 12 Tahun Penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dari Kejari Tebingtinggi.

“Meminta agar Majelis Hakim Menjatuhkan Hukuman Kepada Terdakwa Arifin alias Apin Lehu, Hukuman Pidana 12 Tahun Penjara dan Denda 1 Miliar subsider 6 Bulan Kurungan” Ujar Jaksa David Nababan dalam membacakan tuntutannya dihadapan Majelis Hakim yang diketuai Albon Damanik, SH dibantu anggota Dharma Setiawan, SH dan Diana Gultom, SH pada Persidangan di Pengadilan Negeri Tebingtinggi, Selasa (27/9).

JPU menyebutkan, berdasarkan fakta dan bukti serta keterangan saksi -saksi dipersidangan, Terdakwa terbukti bersalah melakukan pengrusakan dirumah Saksi Anto yang diakui oleh terdakwa. terdakwa juga terbukti bersalah memiliki Narkotika Golongan I Jenis Sabu dan Ekstasi dengan barang bukti sabu seberat 17, 5 gram dan narkotika jenis Ekstasi sebanyak 20 Butir yang diakui terdakwa miliknya.

Terdakwa mengaku Narkotika tersebut dibeli dari seorang bernama Anto di seputaran Kampung Keling medan pada hari jumat 12 April 2016 sebanyak 20 gram sabu seharga seharga 900 ribu per gramnya dan 20 butir ekstasi seharga 150 ribu rupiah dan terdakwa mengakui sebagian Narkotika tersebut diatas telah dipakai oleh terdakwa.

Sehingga terdakwa Arifin Alias Apin Lehu terbukti melanggar melanggar pasal 112 ayat 2 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dan dakwaan kedua melanggar pasal 406 ayat 1 KUHPidana.

“Hal-hal yang memberatkan terdakwa, Tidak mendukung program pemerintah dalam Rangka pemberantasan Narkotika Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa berterus terang mengakui perbuatannya dan berlaku sopan dipersidangan serta telah melakukan perdamaian dengan Korban Saksi Anto” Kata Jaksa

Usai mendengarkan Tuntutan JPU, Terdakwa yang hadir dipersidangan didampingi Penasehat Hukumnya memohon waktu satu minggu untuk menyampaikan pembelaan tertulis, hingga Hakim Menunda Persidangan untuk dilanjutkan kembali pekan depan.

Sementara itu usai mengikuti persidangan, sejumlah aktifis peduli pemberansatan Narkoba sangat menyesalkan ringannya Tuntutan Jaksa penuntut Umum terhadap terdakwa yang santer diduga sebagai Bandar Narkoba Kota pematang Siantar tersebut.

“seharusnya JPU menuntut maksimal Seumur Hidup” Teriak sejumlah aktivis yang selama ini kerap memantau persidangan Apin Lehu tersebut,- (sa)

Print Friendly, PDF & Email
tags: , , , , ,

Related For Apin Lehu dituntut 12 Tahun Penjara dan Denda Satu Miliar