Pemodalan Nasional Madani (PNM) Ajak Nasabah Mengembangkan Usaha

Minggu, November 20th 2016. | Ekonomi |
(Poto : Ronal Pasaribu / tn)

(Poto : Ronal Pasaribu / tn)

Tebingtinggi | tebingnews.com – Permodalan Nasional Madani (PNM), ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro) dan MEKAAR (Membina Ekonomi Sejahtera) melakukan pemantapan dan bimbingan kepada 100 nasabah dalam Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) di RM Bayu Lagon Jalan KL Yos Sudarso Kota Tebingtinggi, Sabtu (19/11/2016) siang.

Kegiatan dengan Thema, “Membangun kapasitas masyarakat dalam pengembangan usaha produktif yang berdaya sain”’. Itu diikuti PNM, UlaMM dan mekaar Unit Tebingtinggi, Unit Sei Rampah dan Unit Dolok Masihul yang langsung dibawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) oleh PT Permodalan Nasional Madani (Persero) cabang Pematang Siantar.

Kepala Cabang PT PNM Pematang Siantar, Jimmy Firmansyah, rangkaian kegiatan itu adalah untuk menjalin silatuhrahmi dan memberikan pelatihan pengembangan usaha meliputi pertanian, perdagangan dan perekonomian mikro kecil menengah kepada nasabah UlaMM ditiga unit wilayah kerja seperti Kota Tebingtinggi, Sei Rampah dan Dolok Masihul dari 9 unit wilayah kerja yang ada di PT PNM cabang Pematang Siantar yang meliputi Kota Siantar, Tanah Jawa, Perdagangan, Kisaran, Kota Tanjung Balai, Indrapura, Kota Tebingtinggi, Sei Rampah dan Unit Dolok Masihul.

“Nasabah yang mengikuti kegiatan pelatihan saat ini sebanyak 100 orang dari tiga unit. Dan PT PNM cabang Siantar sendiri sekarang telah memiliki nasabah binaan sebanyak 10 ribu lebih Debitur,” Ujar Jimmy.

Dipaparkannya, bahwa berdirinya PT PNM adalah bertujuan memberikan bantuan permodalan mengembangkan perekonomian mikro kepada warga agar bisa sukses dalam dunia usaha. Dimana PT PNM melalui anak cabangnya UlaMM memberikan pinjaman dana sebesar Rp 1 juta sampai Rp 100 juta rupiah dengan pembayaran mengunakan sistem pencicilan secara bulanan sesuai kesepakatan bersama, suku bunga bersaing dengan Perbankan, hanya 1,5 persen-1,8 persen perbulan.

“Sebenarnya, UlaMM hadir untuk Menghindari agar masyarakat tidak meminjam tambahan modal usaha kepada para tengkulak yang memberikan pinjaman modal tinggi dengan suku bunga yang cukup tinggi juga”, sebutnya

Sementara itu Menejer Unit UlaMM Kota Tebingtinggi, Dedy Santana Zenrato mengatakan selain untuk menjalin silaturahmi antara PNM, UlaMM dan Mekaar, kegiatan ini juga untuk memberikan ilmu serta pembekalan pengembangan usaha ekonomi mikro kecil untuk peningkatan perekonomian masyarakat dan mendorong nasabah untuk bisa menjadi pengusaha, selanjutnya pengembangan kepada masyarakat luas mengenal UlaMM, prospek kepada pelaku usaha, untuk pengenalan UlaMM kepada pedagang pasar tradisional dan pasar maju, program ini untuk peningkatan pengembangan penyaluran pinjaman kepada nasabah.

“Standar suku bunga pinjaman masih mengikuti pemerintah. Untuk pengembangan UlaMM, kita harus jumpa dengan masyarakat. Proses usaha pinjaman mudah dalam satu tahun yaitu hanya melengkapi syarat jaminan hak milik bangunan dan rumah. Apabila warga masyarakat ingin mengembangkan usaha mikro kecilnya, bisa datang ke Kantor cabang UlaMM di Jalan Thamrin Kota Tebing Tinggi” terang Dedy didampingi Menejer UlaMM unit Dolok Masihul Syamsudin dan Menejer Ula unit Sei Rampah Eliyas Herianto.

Sementara itu, salah seorang Narasumber dari nasabah, Firman Sitorus yang juga Ketua Yayasan Pendidikan SMK Kesehatan Ganda Husada Kota Tebingtinggi menyampaikan bahwa kiat untuk sukses harus memulai usaha dari kecil bukan dari usaha besar, modal awal bisa dari keluarga, dan dalam pengembangan usaha, kita harus memiliki kiat kejujuran.

“Dalam dunia perbangkan, pembayaran angsuran harus memiliki kepentingan bersama dan usaha yang produktif. Untuk pelayanan UlaMM sangat bagus dan suku bunga yang ditawarkan cukup kecil. Dirinya mengharapkan kedepan, UlaMM bisa memberikan pinjaman kepada pelaku dunia usaha kelas menengah” Ujarnya.

Sedangkan Narasumber mewakili pengusaha, Raja Siagian mengatakan uang adalah sarana produktif, dan kelompok ibu-ibu merupakan aset UlaMM kedepan untuk pengembangan usaha ekonomi mikro produktif.

“Kita harus mampu membuka lapangan kerja, jangan kita menjadi pencari kerja, kedepan kita harus bisa membuat bagaimana pemerintah untuk menciptakan pengusaha-pengusaha yang bisa membuka lapangan kerja dan kalau bisa UlaMM menjadi pinjaman untuk masyarakat dalam peningkatam investasi perekonomian keluarga” Katanya,- (nal)

Print Friendly, PDF & Email
tags: , , , , ,

Related For Pemodalan Nasional Madani (PNM) Ajak Nasabah Mengembangkan Usaha