Kreasi Daur Ulang Sampah Dipamerkan

Selasa, Desember 12th 2017. | Ekonomi |

Tebingtinggi I Tebingnews.com – Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan secara resmi membuka Pameran Kreasi Daur Ulang Sampah Tahun 2017 yang digelar di Anjungan Sri Mersing Jalan Sutomo Kota Tebingtinggi, Selasa (12/12/2017). Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Perumahan Pemukiman dan Kebersihan Kota Tebingtinggi itu berlangsung tanggal 12 hingga 13 Desember 2017.

Walikota Tebingtinggi menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh peserta yang mengikuti pameran tersebut. Disampaikannya bahwa harus disadari apa yang dilakukan ini adalah sebuah ketauladanan bagi masyarakat lainnya untuk dapat mengikuti langkah-langkah kita agar kiranya tidak menjadikan sampah sebagai beban dari pada kota maupun masyarakat itu sendiri.

Umar Zunaidi menjelaskan, pada hakekatnya setiap orang diprediksi memproduksi sampah 0,7 kg/hari, bila dikalikan 170.000 orang maka kita menyumbang sampah sebanyak 119 ton/hari dan semakin banyak masyarakat kita maka semakin banyak kontribusi sampah. “Namum banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi sampah, hari ini tentunya apa yang diproduk oleh para peserta menjadi bahagian kita, untuk terus meningkatkan dan memasarkannya dengan sebaik-baiknya, tidak hanya pameran tinggal pameran,” pesan Walikota.

Menurut Walikota, sampah bisa mengentaskan kemiskinan dan sampah bisa memberikan kontribusi ekonomi, dengan sampah yang dimanfaatkan dengan bank sampah yang aktif maka ekonomi masyarakat bisa terbantu dan dengan kelompok-kelompok masyarakat, untuk itu, dia mengharapkan dinas Perkim dan Kebersihan terus melakukan pembinaan secara seutuhnya.

“Kepada Kadis Perkim dan Kebersihan diharapkan diadakannya kompetisi agar kiranya kelompok-kelompok bank sampah terus bergerak aktif, misalnya terhadap mereka yang berhasil memproduk barang dan memperoleh keuntungan margin yang tinggi maka kita akan memberikan penghargaan kepada mereka,” ucap Umar.

Adapun para peserta stand pameran daur ulang sampah tersebut diikuti oleh pelajar Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Dasar yang terdiri dari gabungan SMA Negeri se Kota Tebingtinggi sebanyak 13 sekolah, SMP sebanyak 7 sekolah dan SD Negeri satu sekolah, serta SD swasta satu sekolah,-(rika)

Print Friendly, PDF & Email
tags: ,

Related For Kreasi Daur Ulang Sampah Dipamerkan