Kemenkeu Tunda Penyaluran DAU Untuk 169 Daerah

Selasa, Agustus 23rd 2016. | Ekonomi |

kementrian-keuangan-131029bJakarta | Tebingnews.com – Pemerintah akan menunda penyaluran dana alokasi umum (DAU) kepada 169 daerah. Hal ini dilakukan terkait dengan penerimaan negara 2016 yang belum stabil.

Dalam keterangan di laman Kementerian Keuangan, Selasa (23/8), melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 125/PMK.07/2016 Tentang penundaan penyaluran sebagian Dana Alokasi Umum Tahun anggaran 2016, pemerintah akan menunda DAU sebesar Rp 19,418 triliun.

Peraturan tersebut menyebutkan bahwa adanya pemangkasan anggaran ini bukan hanya karena persoalan penerimaan negara, namun ini juga didasarkan pada perkiraan kapasitas fiskal, kebutuhan belanja, dan posisi saldo kas di daerah pada akhir 2016. DAU yang sebagian ditunda ini nantinya akan bisa disalurkan kembali pada tahun anggaran 2016 ketika realisasi penerimaan negara mencukupi.

Namun, dalam hal penyaluran kembali sebagian DAU kemungkinan tidak dapat dilakukan pada tahun anggaran 2016. DAU yang penyalurannya ditunda, diperhitungkan sebagai kurang bayar yang dianggarkan dan disalurkan pada tahun anggaran berikutnya (2017) dengan memperhatikan kemampuan keuangan Negara.

Berdasarkan penundaan penyaluran sebagaian DAU, Pemerintah Daerah (Pemda) diharap bisa melakukan penyesuaian DAU pada pendapatan dan belanja tanpa menunggu Perubahan atas APBD tahun anggaran 2016.

Sri : Penundaan DAU karena Penerimaan Negara Seret
Terpisah, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui, penundaan penyaluran dana alokasi umum (DAU) dilakukan untuk mengantisipasi tidak tercapainya penerimaan negara sehingga defisit anggaran tidak melebar.

“‎Kita perlu melakukan penyesuaian karena proyeksi penerimaan negara yang kita lihat tidak akan sesuai dengan yang ditulis dalam UU APBNP 2016,” kata Sri di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (23/8).

Sri mengatakan, penundaan DAU ini bukan merupakan bentuk sanksi kepada daerah-daerah karena masih banyaknya dana daerah yang mengendap di bank. Meskipun, dalam beleid ini disebutkan bahwa penentuan daerah dan besaran penundaan DAU didasarkan pada perkiraan kapasitas fiskal, kebutuhan belanja, dan posisi saldo kas di daerah pada akhir 2016.

“Bukan sanksi, kita fokus mengelola UU APBNP 2016. Sehingga perlu melakukan beberapa langkah agar bisa dikelola secara efektif dan kredibel,” ujar dia.- (rol)

Print Friendly, PDF & Email
tags: , , ,

Related For Kemenkeu Tunda Penyaluran DAU Untuk 169 Daerah